Ingin Bertemu Presiden Mario Steven Ambarita Nekat Menyusup Ke Bagian Roda Pesawat

 Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

PADANGTODAY.COM – Mario Steven Ambarita nekat menyusup ke bagian roda pesawat Garuda GA 177 yang terbang dari Pekanbaru tujuan Jakarta pada Selasa sore kemarin. Ke Jakarta, Mario mengaku mau bertemu Presiden Joko Widodo dan menyampaikan protesnya kenapa tak dipilih menjadi Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Suprasetyo mengatakan, pihaknya akan melakukan tes kejiwaan terhadap Mario. Sebab alasan yang dikemukakan Mario tak masuk akal.

“Pasti nanti ada tes kejiwaan,” ujarnya di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Rabu (8/4).

Hasil tes ini akan sangat berpengaruh terhadap keputusan hukum yang akan diberikan kepada pria kelahiran 30 Agustus 1993 ini. “Kalau ternyata dia sakit dan mentalnya dia tidak sehat, maka akan lepas dari jeratan hukum,” tegas Suprasetyo.

Perbuatan Mario dianggap melanggar Pasal 344 juncto Pasal 345 Undang-Undang Nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan. Peraturan tersebut mengatur larangan aksi yang membahayakan keselamatan penerbangan dam terancam hukuman kurungan selama satu tahun atau denda Rp 500 juta.

Selain itu dia juga melanggar Pasal 210 Undang-Undang Penerbangan karena dia memasuki bandara tanpa izin. Sehingga terancam kurungan satu tahun penjara atau denda Rp 100 juta.

(lia/uil)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*