Ini Penjelasan PT KAI Terkait Kecelakaan di Kampuang Kaliang Pariaman

Padang-today.com – Keterlambatan kereta Api Sibinuang dari arah Stasiun Lubuak Aluang menuju Stasiun Pariaman yang berbuntut kecelakaan, menabrak satu unit mobil di perlintasan Kampuang Kaliang, Kota Pariaman sekitar pukul 12.15 WIB, Senin 23 November 2020.

Akibat kecelakaan itu, 5 orang satu keluarga di dalam mobil Honda Brio itu mendapat perawatan medis dari rumah sakit terdekat.

Terkait hal itu, Humas PT KAI Divisi Regional ll Sumatera Barat (Sumbar), Ujang Rusen Permana, menjelaskan adanya gangguan teknis pada kereta tersebut, sehingga terjadi keterlambatan

“Ada gangguan di bagian lokomotif, sehingga perjalanan KA terlambat sekitar 30 menit. Setelah diperbaiki, KA Sibinuang melanjutkan perjalanan. Namun terjadi peristiwa kecelakaan di perlintasan liar antara mobil dan Kereta Api,” ungkap Ujang Rusen Permana, saat dihubungi wartawanan.

Atas kejadian itu, Rusen kembali mengingatkan kepada pengguna jalan agar selalu berhati-hati saat akan melewati perlintasan kereta api.

Menurutnya, pengendara jalan harus selalu taat pada rambu lalu lintas di sekitar perlintasan dan berhenti sejenak untuk memastikan bahwa tidak ada kereta yang melintas.

Rusen menyampaikan bahwa sampai saat ini di Divre II ada 403 perlintasan liar. Untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, Divre II terus melaksanakan penutupan perlintasan liar.

“Pada tahun 2020 ini, sampai dengan pertengahan November, sudah ada 32 perlintasan liar yang ditutup dan akan terus berlanjut. Keselamatan di perlintasan sebidang merupakan tanggung jawab bersama. Pemerintah, operator, dan pengguna jalan memiliki peran masing-masing yang sama pentingnya,” kata Rusen.

Rusen menambahkan bahwa PT KAI Divre II terus melaksanakan sosialisasi dan mengajak pemerintah daerah untuk bersama-sama melaksanakan upaya meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang. (SugeR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*