Inilah 5 Bumbu Andalannya Tumisan Lezat Ala Restoran

tumisancvrPADANGTODAY.com – Membuat sayuran tumis terlihat gampang. Tetapi, belum tentu enak rasanya dan tampilannya kadang kurang menarik. Padahal jika tahu rahasianya, tumisan lezat bisa dibuat dalam sekejap. Bumbu penting tak boleh ketinggalan.

Sayuran yang akan ditumis harus segar, setelah dicuci lalu dipotong-potong. Api yang digunakan harus besar agar sayuran matang dalam beberapa menit tetapi warnanya tetap hijau cantik. Bumbu-bumbu inilah yang sering dipakai untuk bikin tumisan di restoran.

1.Bawang putih dan bombay
Kedua jenis bawang ini memberi aroma harum pada tumisan. Pilih jenis bawang Kating yang wangi dan besar, kupas lalu memarkan dan cincang halus. Untuk bawang bombay bisa dicincang halus atau diiris melintang tipis. Tumislah bawang putih hingga warnanya agak kuning. Untuk bawang bombay tumis hingga layu dan sedikit kecokelatan.

2.Kecap asin
Untuk memberi rasa gurih yang enak, kecap asin umum ditambahkan. Bisa memakai jenis kecap asin Tiongkok, Jepang atau bisa diganti dengan kecap ikan. Rasa gurih kedelai akan membuat tumisan jadi enak.

3.Saus tiram
Kalau ingin rasa gurih dengan aroma seafood, pilih saus tiram yang murni. Saus tiram dari tiram asli. Sedangkan yang banyak dijual justru saus tiram tiruan. Rasa gurih seafood akan membuat tumisan jadi spesial.

4.Minyak wijen
Cukup beri 3 tetes minyak wijen ini, tumisan akan jadi wangi semerbak. Terutama yang memakai bahan seafood. Aroma harum wijen bisa mengurangi aroma anyir seafood. Tambahkan terakhir saat tumisan akan diangkat dari api.

5.Jahe
Rasa pedas segar jahe bisa menjadi aksen rasa yang enak pada tumisan dengan bahan seafood atau ayam. Cukup tambahkan jahe muda yang diiris kecil panjang atau dicincang halus. Tumis bersama bawang agar aromanya jadi harum.
(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas