Inilah Beberapa Istilah Dalam Memotong Sayur

jenispotongan3PADANGTODAY.com – Agar tidak salah saat mengikuti cara pembuatan pada resep, cobalah kenali istilah potongan.Memotong sayuran atau bahan makanan terlihat gampang. Ternyata ada banyak istilah yang dipakai dalam resep. Contohnya seperti cincang, potong dadu dan lainnya.

Advertisements

Agar tampilan masakan lebih menarik jenis potongan sayuran dna bahan makanan harus tepat. Inilah beberapa istilah untuk potongan bahan masakan yang sering digunakan.

1. Iris panjang
Istilah ini sering ditemui dalam buku masak untuk sayuran. Seperti wortel, lobak atau kentang. Dikenal dengan istilah julienne .sayuran diiris tipis memanjang serupa batang korek api. Tujuannya agar sayuran berukuran sama dan bisa matang bersamaan. Selain itu juga supaya tampilan lebih menarik

2. Iris halus atau kasar
Bila menemukan kata shredded dalam resep asing, berarti bahan masakan dirajang tipis berbentuk panjang. Biasa diterapkan pada sayuran hijau, kol, bawang, selada dan lainnya. Jenis potongan ini dibuat dengan memisahkan daun dari batang atau bonggolnya terlebih dahulu. Lalu daun ditumpuk dan digulung bersamaan. Baru kemudian diiris dengan ukuran sama, bisa halus atau kasar. Untuk mempermudah, sayuran seperti kol bisa dirajang tipis menggunakan parutan khusus.

3. Cincang
Potongan ini tidak memiliki bentuk pasti dengan ukuran spesifik. Jenis cincangan juga bisa halus atau kasar, tergantung kebutuhan. Cincang kasar berarti potongan sayuran seperti tomat masih agak besar dengan bentuk tak beraturan. Sedangkan pada cincang halus bentuk sayuran sudah sangat kecil dan lebih seragam. Cincang halus biasa digunakan pada bawang putih untuk menumis atau bumbu perendam. Sebelum dicincang halus, bawang putih dimemarkan (ditumbuk dengan sisi pisau) dahulu untuk mempermudah proses cincang.

4. Potong dadu
Biasanya dipakai untuk memotong sayuran menjadi bentuk dadu dengan ukuran besar atau kecil. Untuk membuatnya, sayuran yang sudah diiris memanjang lalu dipotong-potong lagi sampai berbentuk dadu. Potongan ini bisa dipakai pada kentang, wortel, bawang bombay dan bawang putih. Isian ragout, saus atau sup memakai potongan sayuran berbentuk dadu.(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*