Inilah Cerita Tifatul Sembiring, Internet Tingkatkan Perekonomian

Internet.

Internet.

Advertisements

PADANGTODAY.com-Kehadiran internet di tengah masyarakat dunia diakui telah menaikkan perekonomian. Berbagai contoh bisa dilihat dari banyaknya orang sukses dan kaya dengan menjadi bagian dari dunia maya.

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, bercerita Norwegia menjadi satu contoh negara yang sukses menjadikan internet penggenjot perekonomian. Waktu itu, pemerintah Norwegia memasang koneksi fiber optic ke seluruh bagian pelosok negaranya. Kemudian internet ini dimanfaatkan oleh mahasiswa pelosok.

“Mahasiswa Norwegia itu berkumpul 5-6 orang kemudian merancang software. Kemudian berhasil dipatenkan dijual seluruh dunia. Gamenya di download 500 juta orang. Itulah namanya Angry Bird. Burung burung ketapel itu. Biasanya main ketapel itu orang Bekasi dan Depok ya,” cerita Tifatul di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (15/10).

Selain itu, kehadiran internet juga dimanfaatkan di Kanada. Ketika ad kebijakan Kanada tentang broadband fiber optic, ada yang mendirikan lembaga riset. Dalam riset ini ditemukan teknologi compressing data. Data yang besar bisa dipadatkan tapi tidak menciptakan penggunaan spectrum besar.

“Akhirnya berkembanglah teknologi bernama RIM atau biasa dikenal dengan Blackberry,” tegasnya.

Dari cerita ini, Tifatul berharap Indonesia juga bisa memanfaatkan internet untuk meningkatkan perekonomian. “Ini sukses story broadband untuk ekonomi, internet bisa meningkatkan pertumbuhan perekonomian,” tutupnya.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*