Inilah Curhatan Kaum Difabel Yang Bekerja Seperti Orang Normal

curhat-kaum-difabel-diberi-kesempatan-kerja-seperti-orang-normalJakarta, PADANGTODAY.com – Salahudi mengaku lelah menjalani pekerjaannya di bagian logistik. Namun semua terbayarkan. Dia sangat senang bisa diterima bekerja layaknya orang-orang pada umumnya. Terlebih dia bisa mempunyai penghasilan sendiri dengan keterbatasan yang dimiliki.

Advertisements

Sudah dua tahun terakhir PT. Trans Retail Indonesia Carrefour merekrut tenaga kerja kaum difabel. Salah satunya Salahudin Ali. Pria berusia 27 tahun penderita disabilitas ini tengah menjalani masa training 2 bulan.

Salahudin bangga engan apa yang dilakukannya demi keluarga. Apalagi ayahnya hanya bekerja sebagai petugas keamanan di salah satu pabrik sedangkan ibunya berprofesi sebagai tukang jahit rumahan.

Sementara itu, HR. Operasional GM Carrefour Dyah Yuniari menceritakan awal perekrutan penyandang disabilitas untuk bekerja di Carrefour. Semua bermula dari bekerja sama dengan Dinas Sosial.

“Jadi nanti dari Dinsos akan memberikan rekomendasi mana mana saja yang mempunyai kemampuan. Lalu nanti kita panggil untuk interview,” jelas Dyah.

Jika dirasa cocok, pihak Carrefour memberikan pelatihan bagi para penyandang disabilitas.

“Tentunya mereka yang keterima itu tidak ada istilahnya minder. Mereka masih punya percaya diri. Dan itu pun akan terlihat dari hasil pelatihan. Mereka yang memang sudah karakternya minder pasti akan tersisih dengan sendirinya,” jelasnya.

Pihaknya memberi kelonggaran penempatan bagi karyawan yang menyandang disabilitas. Selain itu, para penyandang disabilitas yang kesulitan berjalan, maka akan ditempatkan di pekerjaan yang tidak memerlukan banyak pergerakan.

“Kita tempatkan di posisi yang tidak banyak berinteraksi dengan konsumen. Jadi mereka yang susah berjalan, paling di tempatkan di lokasi yang tidak banyak tangganya,” tuturnya.

Sebagian besar penyandang disabilitas yang bekerja di tempat Carrefour adalah mereka yang kesulitan mendengar dan berbicara. “Rata-rata tuna rungu sama tuna wicara,” ujarnya.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*