Inilah Hidang Khas Bali Yang Sedap Gurih

satelembatBali, PADANGTODAY.com – Berawal dari sajian untuk upacara adat dan agama Hindu, kini sajian makanan istimewa dan enak ini dapat Anda nikmati di restoran ataupun warung. Banyak restoran dan warung makan di Bali menyajikan hidangan sedap ini.

Hidangan Bali terkenal karena pemakaian beragam rempah dan cabai. Warung kecil hingga restoran banyak menyajikan makanan enak khas Bali. Jika berencana ke Bali akhir pekan ini, jangan lewatkan mencicipi hidangan khasnya.

1. Lawar
Campuran sayuran yang renyah, daging kelapa parut dan daging cincang dengan berbagai bumbu dan rempah yang khas. Selain itu, sering juga ditambahkan dengan darah babi segar. Penyajian lawar berbeda-beda di setiap daerah. Lawar biasanya disajikan dengan hidangan babi guling. Chef Will Meyrick merekomendasikan untuk mencicipi lawar campur nasi di Warung Lawar Sapi Odah di dekat Pantai Segara, Sanur.

2. Bebek betutu
Bebek betutu merupakan salah satu hidangan seremonial yang dimasak dalam waktu llama. Bebek dilumuri dengan garam untuk membuat aroma dan melunakkan daging. Kemudian dicuci dan diisi dengan telur, daun singkong dan bumbu rajang dan campuran rempah-rempah. Lalu dibungkus dalam “upeh” atau sekam pinang dan dimasak berjam-jam sampai dagingnya terpisah dengan tulang. Selain upeh, daun pisang dapat dijadikan sebagai pengganti karena harganya lebih murah.

3. Sate lembat
Sate ini terbuat dari daging sapi cincang yang dihaluskan dengan campuran parutan kelapa muda dan bumbu. Sate ini tidak disajikan bersama saus kacang, akan tetapi dengan sambal matah yang segar. Jika ingin mencicipi sate lembat yang enak Anda dapat berkunjung ke Warung Alila Uluwatu (jalan Belimbing Sari, Banjar Tambiak, Desa Pecatu). Di sini sate ikan lilit disajikan dengan sereh sebagai tusuk sate sekaligus penambah aroma.

4. Ikan bakar
Jika berkunjung ke Bali paling enak memang menyantap sepiring ikan bakar dengan sambal. Menikmati matahari terbenam sambil duduk di pasir pantai dengan suara ombak memang menyenangkan.
Disepanjang pantai Jimabran banyak restoran yang menyajikan menu seafood, akan tetapi cafe Lia dapat menjadi pilihan, Terkenal sebagai warung ikan bakar pertama di pantai Jimbaran.

5. Babi guling
Hidangan ini merupakan favorit turis karena rasanya pedas gurih. Di Bali, babi dengan berat 70 Kg biasanya dicampur dengan “base gede” atau bumbu yang terdiri dari biji ketumbar, serai, daun jeruk dan daun salam.
Ditmbah cabai, lada, bawang putih, bawang merah, jahe dan kencur. Disajikan dalam sepiring nasi dengan irisan daging renyah dengan aneka sayuran atau sup pedas. Anda dapat mencicipinya di rumah makan Ibu Oka’s di Ubud (jalan Suweta/Tegal Sari No. 2).(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas