Inilah Kebiasaan Makan Yang Mempengaruhi Nutrisi

nutrisi4PADANGTODAY.com – Mengapa makan terlalu malam kurang baik? Ini karena berkaitan dengan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Banyak hal sepele yang tidak disadari menghambatan penyerapan nutrisi optimal dalam tubuh.

Berikut ini beberapa hal yang sering dilakukan orang dan ternyata mempengaruhi daya serap nutrisi makanan dalam tubuh.

1. Kombinasikan makanan
Mengombinasikan bahan makanan memang dapat membantu penyerapan nutrisi secara optimal. Mengonsumsi bahan makanan yang mengandung zat besi dan vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi 3 kali lebih optimal. Selain itu konsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium dapat membantu peningkatan penyerapan kalsium hingga 65 persen.

2. Kunyah secara benar
Agar daya cerna makanan lebih optimal, Anda perlu mengunyah makanan hingga benar-benar halus. Hal ini dapat memungkinkan kelenjar ludah untuk mengeluarkan enzym amilase sehingga akan lebih mudah untuk dicerna dalam tubuh.

3. Konsumsi probiotik
Probiotik merupakan bakteri yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt, kimci dan makanan fermentasi lainnya dapat membantu menjaga bakteri usus berkembang aktif dan lebih mudah mencerna makanan. Selain itu, probiotik juga dapat membantu meringankan masalah perut dan dapat mengurangi peradangan dalam usus.

4. Makan terlalu malam
Makan terlalu malam dapat menyebabkan makanan lebih lama untuk dicerna. Pasalnya jika Anda makan malam terlalu larut dan langsung tidur dapat sebabkan penimbunan lemak karena metabolisme diperlambat. Untuk mencegah hal ini sebaiknya konsumsi makan malam sebelum jam 18.30. Selain dapat menjaga berat badan, nutrisi yang diserap juga lebih optimal.
(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*