Inilah Kelebihan Dari Smartphone Android One

ANDROIDONEPADANGTODAY.com – Generasi Android One pertama telah resmi diluncurkan di India dengan nama Karbonn Sparkle V, Micromax Canvas A1, dan Spice Dream Uno pada hari Senin kemarin, NDTV (17/09). Perlu diketahui Android One bukanlah jenis sistem operasi baru, tetapi jenis smartphone kelas low-entry yang menggabungkan hardware serta software terbaik di harga yang sangat terjangkau.

Google lewat salah satu wakil presidennya, Sundar Pichai, mengungkapkan bila pihaknya tengah berusaha mengembangkan pasar dan sengaja membuat generasi Android One untuk menyasar pengguna baru smartphone, atau mereka yang baru saja beralih dari ponsel.

Tiga smartphone Android One sudah dibekali dengan sistem operasi Android KitKat 4.4 dan masuk jajaran smartphone Android pertama yang akan mendapat update ke OS Android L! Perusahaan teknologi dengan aset ratusan triliun tersebut menambahkan jika smartphone Android One mengusung bahan casing baru, peningkatan umur baterai, fitur keamanan yang lebih lengkap, hingga sistem notifikasi yang lebih inovatif.

Google juga menyesuaikan smartphone-smartphone tersebut dengan kebutuhan warga India, dan negara-negara berkembang lain, termasuk Indonesia tentunya. Misalnya, fungsi Dual-SIM, radio, slot untuk kartu microSD, serta beberapa aplikasi wajib seperti Google Maps, Youtube, dan Google Translate.

Secara keseluruhan, spesifikasi smartphone generasi Android One tidaklah mengecewakan untuk kelas menengah ke bawah dengan harga kisaran Rp 1 jutaan. Beberapa hardware yang ada di ketiga smartphone Android One adalah layar FWVGA 4,5 inci, prosesor Quad-core MediaTek 1,3 GHz, RAM 1 GB, ROM 4 GB, kamera 5 MP dengan lampu kilat LED, kamera depan 2 MP, Wi-Fi, teknologi 3G, hingga baterai 1700 mAh. Semua hardware dan software tersebut berpeluang hadir di seluruh generasi awal Android One.

Pichai menambahkan Google masih akan mengembangkan proyek smartphone murah Android One dengan menggandeng lebih banyak produsen seperti Acer, Asus, HTC, Lenovo, dan masih banyak lagi lainnya. Seperti yang dilansir oleh merdeka.com sebelumnya (16/09), Google juga mengumumkan kehadiran Android One di Indonesia, Filipina, serta beberapa negara Asia lain di akhir tahun ini.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas