Inilah Kue Legit Khas Aceh Untuk Oleh-oleh

acehPADANGTODAY.com – Bila Anda berkunjung ke Aceh lebaran ini, ada banyak makanan enak yang bisa dicicipi. Begitu juga dengan kue-kue legit yang populer seperti kue bhoi dan timphan. Selain rasanya legit enak, juga unik sebagai oleh-oleh.

Seperti di daerah lain di Indonesia, Aceh juga punya banyak makanan dan kue enak yang bisa dipilih sebagai oleh-oleh.

1. Timphan
Kue asal Aceh ini terbuat dari tepung ketan, santan, dan pisang. Timphan memiliki tekstur kenyal dengan isian berupa srikaya atau kelapa. Lapisan luar timphan dibungkus daun pisang muda dan kemudian dikukus.

Saking populernya, lebaran di Aceh tak lengkap tanpa adanya sajian timphan. Bila membawa timphan dari Aceh, sebaiknya simpan dalam chiller atau freezer agar tidak basi. Kukus kembali saat akan disantap.

2. Bhoi
Selain timphan, kue bhoi juga sangat terkenal di Aceh. Kue bhoi memiliki beragam bentuk seperti ikan, bunga, bintang, dan lainnya. Bolu dengan tekstur luar kering dan bagian dalam lembut ini seringkali dijadikan oleh-oleh dari Aceh.

Kue bhoi bisa tahan disimpan hingga berbulan-bulan tanpa pengawet. Camilan legit ini nikmat disantap bersama segelas teh hangat atau kopi. Biasanya sebelum disantap, kue bhoi dicelup dalam minuman tersebut agar kue melunak.

3. Seupet
Kue kering serupa semprong ini mengisi stoples-stoples masyarakat Aceh saat lebaran. Kue dari tepung terigu, santan, garam, dan gula ini memiliki tekstur sangat renyah. Citarasanya yang manis gurih membuat seupet sangat populer. Umumnya seupet memiliki bentuk seperti pipa dan kipas dengan

4. Meusekat
Meusekat mirip seperti dodol nanas. Kue tradisional ini terbuat dari tepung terigu dan campuran nanas. Meusekat memiliki tektur lunak dengan rasa legit dan sedikit asam. Permukaan meusekat biasanya dihias dengan bentuk bunga mawar, pintu Aceh, atau ukiran lainnya. Pembuatan meusekat yang rumit dan lama membuat tak banyak toko kue yang menjualnya. Kudapan ini lebih mudah ditemui di toko makanan tradisional Aceh.

5. Keukarah
Keukarah atau kue karah merupakan kudapan legit populer dari tepung beras. Bentuknya seperti jalinan benang tak beraturan menyerupai sarang burung, Biasanya keukarah berbentuk setengah lingkaran dilipat dua atau silinder. Keukarah memiliki aroma dan rasa yang legit enak. Jika dimakan, kue garing renyah ini banyak meninggalkan remahan.

6. Kue Kacang Hijau
Tak hanya Yogyakarta yang memiliki kudapan bakpia. Wilayah Sabang di Aceh juga mengenal kue kacang hijau sejak lama. Namun berkat inovasi Marfin Gunawan, camilan ini kini sangat populer sebagai oleh-oleh khas Aceh. Kue Kacang Hijau AG Sabang yang mirip bakpia ini memiliki bagian luar kering dan gurih. Isian kacang hijaunya padat dengan aroma wangi  yang khas dan bercitarasa legit.

(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas