Inilah Lima Cara Hindari zat kimia Berbahaya Dalam Kosmetik

5-cara-hindari-zat-kimia-berbahaya-dalam-kosmetik
PADANGTODAY.com-Sebenarnya sudah bukan rahasia lagi bahwa kosmetik mengandung bahan kimia. Bahan kimia ini bisa jadi tak hanya berbahaya untuk kulit dan tubuh Anda tetapi juga untuk lingkungan. Setiap produk kosmetik diperkenankan untuk menggunakan lebih dari 10.000 bahan di dalamnya, dan kebanyakan adalah bahan kimia.

Ini saatnya untuk memikirkan kembali sebelum membeli produk kosmetik. Jangan asal memilih produk make up yang nantinya malah berimbas buruk untuk Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari zat kimia berbahaya yang ada dalam kosmetik, seperti dilansir oleh Health Me Up (16/10).

1. Gunakan sedikit produk
Setiap majalah fashion atau kecantikan pasti akan mempersuasi Anda untuk menggunakan banyak produk yang mereka jual. Jangan turuti saran mereka. Gunakan saja produk yang Anda butuhkan. Perhatikan dan pilih dengan baik produk apa yang Anda butuhkan untuk perawatan. Jika ada alternatif yang alami, sebaiknya gunakan perawatan yang alami daripada menggunakan produk berbahan kimia.

2. Buat ranking produk
Buat peringkat produk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli atau memakainya. Buat peringkat berdasarkan aman atau tidak amannya sebuah produk. Cari juga produk yang mengandung lebih sedikit bahan beracun.

3. Cek komposisi
Sebelum memutuskan untuk membeli produk make up, cek dulu komposisinya. Hindari beberapa produk yang mengandung komposisi seperti sodium lauryl, laureth sulafte, parabens, diethanolamine (DEA), triethanolamine (TEA), diazolidinyl, dan imidazolidinyl urea, PEGs, serta quaternium 15.

4. Hindari yang berbau
Banyak produk makeup yang menggunakan kata “fragrance” atau pengharum dalam daftar komposisi mereka. Meski ini hanya satu kata, namun ini bisa berarti banyak zat kimia yang terkandung di dalamnya. Kebanyakan perusahaan tak mau mengungkap komposisi ini, namun faktanya banyak yang menggunakan kata ini untuk menutupi zat kimia berbahaya yang mereka gunakan di dalamnya.

5. Jangan percaya klaim
Klaim apa saja bisa digunakan dalam iklan, seperti produk yang paling sehat, paling aman untuk kulit, dan lainnya. Jangan mudah percaya dengan klaim ini dan lebih baik langsung cek komposisi produk tersebut. Pada beberapa negara, bahan kimia yang digunakan dalam produk banyak yang dilabeli alami, padahal tidak. Jadi bisa saja Anda menggunakan produk yang mengandung banyak bahan kimia meski berlabel alami.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari zat beracun dan bahan kimia berbahaya dalam produk kosmetik. Lebih berhati-hatilah saat memilih produk kosmetik dan menggunakannya. Jangan menggunakan kosmetik sembarangan jika tak ingin produk tersebut justru merusak kesehatan Anda.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*