Inilah Makanan Yang Dapat Atasi Kelelahan Pada Anak

energi4PADANGTODAY. com – Sarapan dan mengonsumsi minuman kaya vitamin dapat meningkatkan energi anak saat sedang banyak aktifitas. Berikut ini beberapa makanan yang dapat mencegah kelelahan pada anak.

Anak yang aktif memang perlu mengonsumsi makanan yang bergizi. Sarapan tinggi protein dan juga selalu mengonsumsi buah-buahan merupakan salah satu kunci utama untuk menjaga kebugaran tubuh anak.

1. Minum air
Untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi berikan cukup cairan. Anak-anak yang sedang gemar berolahraga sebaiknya mengonsumsi air putih, jus buah segar atau smoothie untuk mengembalikan energi serta terhindar dari dehidrasi.

Buah potong segar seperti semangka dan melon dapat dikonsumsi si kecil untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

2. Sarapan
Selain dapat menjaga metabolisme, sarapan juga penting untuk menghindari rasa lemas pada anak. Sebelum melakukan aktifitas seperti olahraga dan belajar anak perlu mengonsumsi makanan sehat agar energinya optimal. Sereal gandum, roti, buah, oatmeal dan telur dapat dikombinasikan sebagai makanan praktis untuk sarapan.

3. Berikan protein
Kurang mengonsumsi protein merupakan salah satu penyebab dari cepat lelah. Makanan berbasis protein dapat memperbaiki dan membangun jaringan. Protein membutuhkan waktu yang lebih lama daripada karbohidrat untuk dipecah dalam tubuh sebagai sumber energi. Protein dapat didapatkan dari susu, yoghurt, telur, ikan, daging merah, daging ayam, keju, tempe dan tahu.

4. Camilan sehat
Camilan sangat penting untuk meningkatkan kadar gula darah saat tubuh lemas. Mengombinasikan karbohidrat kompleks dengan protein dan lemak dapat memperlambat pemecahan gula dalam darah dan mencegah kelelahan. Berikan si kecil camilan sehat seperti yoghurt dan buah, kue dengan campuran kacang-kacangan atau salad buah yang segar.(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas