Inilah Respon Guru Setelah Jalani Kurikulum 2013

guru2013Mataram, PADANGTODAY.com – Kurikulum 2013 diterapkan secara menyeluruh dan bertahap. Menyeluruh artinya diimplementasikan di semua sekolah baik negeri maupun swasta, dan bertahap berarti dilakukan di kelas-kelas tertentu. Kelas-kelas tersebut adalah kelas 1,2,4,5 SD, 7 dan 8 SMP, serta 10 dan 11 SMA. Apa kata para guru setelah menjalani kurikulum baru ini?

Advertisements

Putu Sriwangi Astuti, Guru SDN 10 Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, sudah berpengalaman mengajar selama 26 tahun. Dan ketika menerapkan Kurikulum 2013 yang metodenya berbeda dengan kurikulum sebelumnya, Putu mengaku tidak mengalami kesulitan.

Berbekal pelatihan yang telah dijalaninya sebelum tahun pelajaran dimulai, Juli lalu, dengan percaya diri ia menyampaikan pembelajaran kepada para siswa siswinya. Mewakili teman-teman sesama guru di sekolah tersebut, Putu mengatakan para guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan baik.

Selain pelatihan, kata dia, buku-buku materi pembelajaran yang digunakan juga sudah diterima. Sehingga baik guru maupun siswa memiliki panduan yang sama dalam proses pembelajaran. “Jadi kami tidak mengalami kendala dalam implementasi kurikulum 2013 ini,” kata Putu saat diwawancarai di ruang guru di tempatnya mengajar, Rabu (03/09/2014). (md/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*