Inilah Sarapan Khas Tulungagung Yang Sedap

tahulontong5PADANGTODAY.com – Jika Anda sedang berkunjung ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir ke restoran atau rumah untuk mencicipi aneka makanan khas Tulungagagung.

Advertisements

Inilah Aneka racikan khas Tulungagagung yang sedap dan gurih.

1. Punten pecel
Jika berkunjung ke Tulungagung, jangan lupa nikmati punten pecel yang pedas gurih. Bentuknya seperti uli atau jadah, akan tetapi jaddah dibuat dengan menggunakan beras ketan. Jika punten terbuat dari beras yang dimasak seperti nasi gurih kemudian dipadatkan dan diiris kotak-kotak (tidak digoreng) kemudian dicampurkan dengan sayuran dan bumbu kacang seperti pecel.

2. Sumpil
Lontong yang dipotong kecil-kecil ini dicampur dengan sayur lodeh dan ditaburi dengan taburan bubuk kedelai yang sudah disangrai kemudian dihaluksan dan diberi bumbu bawang putih dan daun jeruk. Sumpil biasanya dijadikan menu sarapan masyarakat Kediri dan Tulungagung, Jawa Timur.

3. Soto ayam kampung
Soto khas Tulungagung ini memiliki aroma yang gurih. Terbuat dari bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, merica, daun jeruk dan lain-lain. Yang bikin enak adalah soto ini dicampurkan dengan menggunakan ayam kampung yang direbus kemudian digoreng. Sebagai pelengkap biasanya ditambahkan dengan soun, tauge, kentang goreng kering dan telur asin. Paling pas dinikmati dengan sepiring nasi.

4. Lodho ayam
Menggunakan kuah santan yang kenal dengan rasa pedas gurih plus aroma bakar yang wangi. Aroma bakar dihasilkan dari pembakaran ayam kampung setengah matang yang kemudian dimasak kedalam kuah santan dan bumbu. Nikmati dengan sepiring nasi. Hmm lezat!

5. Tahu lontong
Jika berkunjung ke daerah tulungagung memang jangan lupa menikmati tahu lontong. Walaupun merupakan sederhana, tapi rasanya cukup ngangenin kampung halaman. Lontong diberi campuran tauge, tahu yang digoreng tidak terlalu kering dan bumbu kecap yang dicampur dengan cabai, bawang putih, cabai giling dan sedikit petis.

Rasanya sangat khas karena dalam penggorengan tahu dan juga pemasakan bumbunya dengan cara dimasak menggunakan arang sehingga aromanya sangat sedap.

(dk/nol)