Inilah Tips Bikin Tumis Sayuran Yang Renyah Dan Cantik

tumisssPADANGTODAY.com – Menumis terlihat sebagai teknik memasak paling gampang dan cepat. Padahal gara-gara kesalahan kecil saja bisa bikin tumisan berwarna jelek dan kurang rasa.

Yang paling sering ditumis adalah sayuran. Bisa dengan tambahan bumbu dan bahan sumber protein seperti ayam, daging, bakso, tahu, sosis, dan lain-lain. Terapkan langkah ini agar tumisan renyah dan warnanya cantik.

1. Wajan
Pilih dan gunakan wajan dengan ukuran sesuai dengan jumlah sayuran yang ditumis. Pilih wajan wok atau wajan datar yang lebar agar panas bisa merata. Wajan besi atau antilengket bisa dipakai.

2. Api
Gunakan api sedang saat memanaskan wajan. Panaskan wajan lebih dahulu di atas api sedang hingga seluruh bagiannya panas merata agar bisa mematangkan bahan secara bersamaan.

3. Minyak
Minyak zaitun, minyak kacang, atau minyak kedelai bisa dipakai untuk menumis. Setelah wajan panas, tuangkan minyak secukupnya. Sekitar 2-3 sendok makan sesuai dengan jumlah sayuran. Jangan terlalu banyak menuangkan minyak karena sayuran akan mengeluarkan air yang akan menyatu dengan minyak sehingga sayuran akan terlalu berminyak saat matang.

4. Bumbu
Bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan bawang Bombay sering dipakai untuk membumbui sayuran karena aromanya harum. Tumis bawang ini hingga bening dan wangi aromanya.

Setelah itu bisa ditambahkan cabai dan bahan protein lain seperti irisan daging, ayam, daging asap, bakso, dan lain-lain. Aduk semuanya hingga matang. Tambahkan garam dan merica.

5. Ukuran Sayuran
Potong-potong sayuran dengan ukuran seragam agar bisa matang dalam waktu bersamaan. Masukkan sayuran yang keras seperti jagung muda, brokoli dan kembang kol lebih dulu. Selanjutnya barulah sayuran yang lunak. Agar semau sayuran matang bersamaan.

Sayuran akan mengeluarkan air karenanya tak perlu menambahkan air. Air yang terlalu banyak akan membuat warna sayuran berubah dan teksturnya lonyot.

Besarkan api agar sayuran lebih cepat lunak tanpa merusak warnanya. Api yang kurang panas akan membuat tekstur dan warna sayuran rusak.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas