Inilah Tips Buat Bubur Si Kecil Agar Tetap Segar

buburbayiPADANGTODAY.com – Membuat sajian makanan untuk si kecil memang susah-susah gampang. Sajian makanan yang selalu segar. Bubur untuk si kecil tidak dapat dibuat untuk 3 kali makan. Karena rasanya akan berubah dan tak segar lagi.

Advertisements

Saat si kecil sedang belajar makan, Anda dapat membuat bubur susu ataupun bubur saring dengan porsi karbohidrat yang tepat. Agar porsi tidak terlalu banyak untuk diberikan pada si kecil.

1. Biskuit
Selain dicampur dengan susu dan buah-buahan. Bubur susu juga dapat ditambahkan dengan biskuit. Agar porsinya pas, Anda dapat mencampurkan susu 50 ml, buah-buahan 100 gr dan 2 keping biskuit bayi.

2. Tepung-tepungan
Untuk membuat bubur susu dengan campuran tepung beras ataupun tepung kacang hijau, tambahkan 2 sdm susu. Biasanya bubur susu dengan tepung yang dibuat mirip sumsum ini dicampur dengan 80 ml susu sebagai pengganti santan.

3. Nasi aron
Jika umur si kecil sudah menginjak 6 bulan. Selain bubur susu, si kecil juga dapat diberikan bubur saring dengan aneka bahan makanan segar. Agar memasaknya lebih cepat, sebaiknya gunakan nasi yang sudah diaron sebanyak 50 gr dan campurkan dengan sayuran ataupun sumber protein seperti tahu, tempe, atau hati ayam.

4. Kentang
Satu buah kentang ukuran besar dapat menjadi pengganti nasi. Jika ingin membuat sajian pure kentang, campurkan 15 gr lauk hewani, 50 gr sayuran dengan 1 sdt minyak jagung atau zaitun untuk menambah asupan lemak sehat untuk si kecil.

5. Perbandingan karbohidrat
Jika ingin mengombinasikan 2 jenis karbohidrat, campurkan nasi aron sebanyak 25 gr dan 25 gr labu kuning. Tambahkan sayuran serta lauk hewani (telur, ayam, daging) atau nabati (tahu, tempe).(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*