Inilah Tips Buat Sosis Solo Yang Enak Dan Gurih

sosisPADANGTODAY.com – Sosis Solo adalah camilan khas kota Solo yang memiliki rasa gurih-gurih manis. Dengan isian ayam atau daging cincang, sajian ini sangat pas untuk dinikmati dengan secangkir kopi atau teh bersama keluarga.

Advertisements

Inilah lima tahapan praktis untuk membuatnya sosis solo yang gurih.

1. Siapkan bahan
Untuk bahan kulitnya, siapkan 5 br telur ayam, 1 sdm tepung terigu, 125ml santan, 1/2 sdt garam, 2 sdm margarin. Sedangkan untuk isiannya, siapkan 250gr daging sapi cincang, 1 btr telur kocok, 50 ml santan kental, 1/2 sdt merica, 1 sdt gula pasir, 1 sdt garam dan 1sdm kaldu bubuk.

2. Buat adonan kulit
Pertama, kocok telur, garam kemudian tambahkan santan dan tepung terigu. Aduk hingga rata. Setelah adonan siap, masukkan adonan ke dalam pan dengan diameter 18 cm dan oles dengan sedikit margarin. Buat dadar tipis-tipis sebanyak 10 lembar. Angkat dan sisihkan.

3. Buat dan beri isian
Campurkan semua bahan isian dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Ambil selembar adonan yang sudah di dadar kemudian taruh di atas dadar sebanyak 2 sdt adonan isi dan gulung memanjang. Isian daging cincang dapat Anda ganti dengan daging ayam.

4. Kukus
Siapkan panci berukuran sedang, isi dengan air. Kemudian taruh adonan yang sudah dilipat ke dalam kukusan dan masak hingga 20 menit hingga matang.

5. Goreng
Panaskan minyak secukupnya, kemudian goreng sosis solo hingga berwarna coklat keemasan. Angkat dan sajikan dengan saus sambal atau cabai rawit.
(dk/nol)