Inilah Tips Mengatasi Udara Panas Tanpa AC

PADANGTODAY.com – Buat yang suka berkeringat, ruangan panas merupakan tempat paling tidak nyaman bagi mereka. tapi jangan khawatir, tips untuk mengatasi udara panas tanpa AC. Cuaca panas dan terik mungkin membuat banyak orang jengkel dan mersa lelah. Semua orang pun mencari cara agar hawa panas berubah menjadi sejuk. Maka, tak jarang mereka memilih mencari tempat yang memiliki pendingin atau AC.

Advertisements

Namun, seperti kita tahu, sirkulasi udara yang ada dari pendingin atau AC belum tentu sehat. Bahkan, jika terlalu sering berada di tempat ber-AC bisa membuat kulit kering.

Jadi, apa yang bisa dilakukan untuk menanggulangi hawa panas tanpa pendingin? Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini. Selain bisa menurunkan tagihan listrik, tidak menggunakan AC juga bisa menghemat energi.

1. Tutup jendela

Membuka jendela di siang hari justru bisa membuat suasana rumah makin panas. Hal ini terjadi karena hawa panas masuk melalui jendela. Maka, lebih baik, tutup jendela di siang hari dan membuka jendela di malam hari jika udara dingin. Udara malam yang dingin bisa menyejukkan ruangan secara alami.

Jadi setelah masuk ruangan langsung tutup semua jendela, pintu dan ventilasi ruang kerjamu. Dan satu hal lagi beri tulisan ” BUKAN RUANGAN BER – AC. HABIS BUKA TUTUP KEMBALI ” pada pintu masuk.

2. Menyantap makanan dingin

Pada hari panas, mengonsumsi makanan dingin atau mengandung air akan menurunkan suhu tubuh Anda. Semangkuk salad Israel (cincang tomat, cincang timun, bawang, minyak zaitun, lemon dan garam dan merica) adalah salah satu pilihan yang tepat. Untuk camilan, cobalah makan es krim atau menyeruput es sirup.

Tapi karena makanan yang dimakan dicerminkan oleh tingkat penghasilan maka yang paling sederhana adalah selalu bawa es balok minimal es kristal, garam, ceres, juwet dan ciplukan. Buat dalam semangkuk es campur. Masalah rasa prioritas terakhir. Dan jangan lupa usahakan selalu kepala dingin.

3. Berenang atau mandi air dingin

Aktivitas ini dijamin bisa segera menyejukkan Anda. Tapi, ada lagi solusi yang lebih cepat, yaitu, ambil es batu dan mengoleskannya pada bagian dalam pergelangan tangan Anda. Hal ini karena pembuluh darah sangat dekat dengan kulit di daerah tersebut. Anda pun akan merasakan kesejukan dalam sekejap.

Apabila kita terlalu sensitif dengan es batu. Maka isi bak mandi dengan air dan usahakan sebanyak mungkin ke kamar mandi, tapi tidak disarankan ke kamar mandi dengan membawa komputer, printer, almari, meja dan kursi. Jadi jangan lupa bawalah selalu handuk di tempat kerjamu.

4. Matikan Lampu

Bola lampu pijar tidak hanya menghasilkan banyak cahaya, tetapi banyak energi panas. Energi cahaya lampu menghasilkan rata-rata 75% energi panas. Pertimbangkan mengganti bola lampu Anda dengan tipe bola lampu yang hemat energi. Selain untuk mendinginkan ruangan, mematikan lampu yang tidak perlu juga bisa menghemat energi dan biaya.

Apabila ruangan masih terlalu gelap maka ganti dengan lampu LED di kepala. Sehingga sorotan lampu akan selalu menerangi meja kerja kita dan di samping itu konsentrasi akan lebih fokus pada pekerjaan. (ds/ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*