Inovasi TNI Bidang Otomotif, Motor GL 100 Disulap Jadi ATV

   Padang-today.com –  Prajurit TNI  tidak hanya berkemampuan tempur untuk  menjaga kesatuan NKRI saja, tapi bisa juga berinovasi di bidang otomotif.

   Buktinya, apa yang telah dilakukan oleh prajurit TNI Korem 032/Wirabraja yang mampu membuat sebuah terobosan dalam bidang otomotif dengan merakit sebuah Motor All Terrain Vehicle (ATV) dengan memanfaatkan mesin motor Honda GL 100 yang sudah tidak digunakan lagi.

   Motor ATV yang terkenal sebagai kendaraan yang bisa melalui segala medan ini sangat cocok untuk mendukung tugas TNI.

    Mengingat medan tugas TNI dilapangan yang beragam terutama pada saat melakukan tugas operasi maupun bagi prajurit yang bertugas dikewilayahan, karena mudah di kemudikan baik dalam kondisi jalan basah, naik, atau turunan bukit. Dengan kekuatannya ATV ini dia bisa melewati medan medan yang tidak bisa dilewati sepeda motor biasa.

    Dalam perakitannya Tim modifikasi Korem 032/WBR mencoba memadu-padankan bahan-bahan material yang ada untuk mewujudkan motor ATV yang diinginkan.

   Untuk sasis kendaraan,tetap  memanfaatkan sasis yang telah ada dengan sedikit menambah fungsi dibeberapa tempat. Sementara untuk dapur pacu digunakan dari mesin motor Honda GL 100, dimana untuk sistem pengapiannya sudah mengalami modifikasi dari Accu basah menjadi Accu kering.

   Guna meraih hasil yang maksimal, selenoid yang ada awalnya berbentuk silinder diganti dengan bentuk lain yang diadopsi dari motor yamaha mio. Salah satu keunggulan hasil modifikasi ini adalah dengan diletakkannya Air cleaner di tempat yang lebih tinggi dan socket yang mengarah ke koil dilengkapi dengan auto seller agar tidak kemasukan air (Waterproof). Sehingga motor ATV ini mampu melewati medan yang kondisi alamnya berair.

   Ide yang datang dari Komandan Korem 032/WBR Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo ini awalnya dimaksudkan untuk mengarahkan para prajuritnya agar selalu berpikir kreatif dan inovatif.

   Selain itu, perakitan ini juga bertujuan untuk mengimplementasikan kemampuan para prajuritnya yang memiliki bakat di bidang otomotif agar dapat menciptakan karya-karya yang inovatif dan dapat diterima dimasyarakat serta bisa mendukung tugas pokok dari TNI AD nantinya.

    KOREM 032/WBR sudah banyak melahirkan ide, inovasi, dan produk kreasi guna mendukung kemajuan TNI AD. Dimana hasil dari inovasi ini juga mendapat apresiasi dan tanggapan positif dari Aster Kasad Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari (mantan Danrem Sumbar) pada saat berkunjung ke Korem 032/WBR beberapa waktu yang lalu dan nantinya akan digunakan perdana dalam mendukung tugas Satgas Yonif 133/YS di perbatasan RI-Malaysia.

  Dengan inovasi dilakukan prajurit TNI, diharapkan kendaraan ini nantinya dapat digunakan oleh satuan operasional guna mendukung tugas-tugas TNI.

ATV Berkemampuan Waterproof

Tim Denpal “A” 01-12-03 Korem 032/Wirabraja melakukan uji coba dua unit kendaraan All Terrain Vehicle (ATV) hasil pengembangan yang memanfaatkan mesin motor Honda GL 100 yang sudah tidak digunakan lagi. Uji coba dua unit ATV ini dilaksanakan di aliran bendungan Koto Pulai, Kec. Koto Tangah, Kota Padang Sumbar

   Secara umum Kendaraan ATV memang dikenal memiliki kemampuan melewati jalan dengan berbagai kondisi, namun jenis ATV yang diuji oleh Tim Denpal Padang ini memiliki kemampuan spesial.

   Kendaraan ATV yang dikembangkan oleh Tim Denpal ini memiliki kemampuan lain, yaitu sistem socket yang mengarah ke koil sudah dilengkapi dengan auto seller agar tidak kemasukan air (Waterproof) sehingga ATV tersebut memiliki kemampuan untuk berjalan di darat dan di air, seperti danau dan rawa.

   Aliran bendungan Koto Pulai pun menjadi pilihan yang tepat untuk menguji kemampuan Waterproof yang dimiliki kedua ATV ini.

   Karakter yang dimiliki aliran bendungan ini memang sangat cocok untuk menguji sampai batas mana kemampuan Waterproof ATV hasil pengembangan Tim Denpal Padang ini, selain aliran airnya juga kondisi alamnya yang masih berbatu dan licin. Uji coba ini sendiri dilaksanakan selama sekitar satu jam.

   Koordinator kegiatan uji coba ATV, Kapten Cpl Muslim mengatakan, kegiatan uji coba kedua ATV ini berjalan lancar sebab kondisi alamnya yang cukup mendukung.

    Untuk sistem Waterproof yang disematkan di kendaraan ATV ini juga berjalan seperti yang diinginkan, walaupun masih perlu ada sedikit pengembangan selanjutnya agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi. Namun secara umum sudah berhasil, demikian dijelaskannya.

   Dengan berhasilnya pengembangan ATV Waterproof ini, diharapkan prajurit Korem 032/Wbr dapat selalu menghasilkan karya nyata yang berkualitas dan aplikatif dengan memberdayakan potensi prajurit untuk menjawab masalah yang ada di lapangan, serta  dapat mengikuti dan menguasai perkembangan bidang teknologi demi mendukung tugas pokok.

Tata Workshop Denzibang

  Komando Rayon Militer (KOREM) 032/ Wirabraja Sumbar menyiapkan workshop perbengkelan dan studi mesin bagi prajurit TNI.

   Menurut Danrem Sumbar Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, kegiatan Workshop Perbengkelan dan Study Mesin Korem 032/Wbr yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

  Workshop ini nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk study mesin dan perbengkelan serta sebagai tempat untuk meningkatkan kemampuan dan transfer skill bagi prajurit KOREM 032 dalam menghadapi era industri 4.0 dengan memberdayakan potensi lokal yang nantinya dapat membantu kesulitan rakyat dan menjawab permasalahan yang ada diwilayahnya.

    Dikatakan oleh Danrem bahwa saat ini teknologi berkembang sangat pesat. Seiring perkembangan teknologi yang pesat, ternyata tidak selalu diimbangi dengan kemampuan manusianya.

   Untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) prajurit yang sesuai dengan tantangan era Industri 4.0., salah satu caranya adalah lewat pelatihan dan kursus bagi prajurit TNI, khususnya prajurit Korem 032/Wirabraja untuk mengikuti dan menguasai perkembangan bidang teknologi yang menjadi pilar Industri 4.0.

   Kualitas prajurit harus ditingkatkan sejalan dengan era industri 4.0 untuk mendukung program pemerintah ke depan SDM prajurit harus dapat dijabarkan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas  prajurit TNI sebagai SDM yang mumpuni.

    Oleh sebab itu, kita harus mempersiapkan diri dengan cara memiliki keterampilan dan melatihnya, atau menanamkan semangat dalam diri kita masing-masing, maupun menjadi orang yang mengikuti perkembangan teknologi atau melek teknologi, serta menjadi prajurit yang kreatif dan inovatif dalam menciptakan hal-hal yang baru.

   “Dengan begitu kita akan siap menjadi prajurit yang akan menjadi inspirasi generasi penerus serta menginspirasi  banyak orang,”jelas Danrem.

  Lebih lanjut dijelaskan bahwa, guna memastikan penyiapan sumber daya manusia yang selaras dengan dinamika era industri 4.0, Workshop yang diselenggarakan oleh Korem 032/Wbr ini nantinya juga melibatkan pelaku dari dunia pendidikan.

   Salah satunya adalah SMK Yayasan Kartika yang berada langsung dibawah binaan Korem 032/Wbr untuk menyiapkan dan mendampingi generasi muda ini dengan keterampilan agar bisa mengisi peluang kerja dalam era Indusri 4.0 kedepan.

   Program-program yang dijalankan di dalam workshop nantinya diharapkan menghasilkan karya nyata, berkualitas dan aplikatif untuk menjawab masalah yang ada di lapangan serta  pengembangan keterampilan dan sumber daya manusia prajurit demi mendukung tugas pokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas