Insanul: PLTBm Sumber Energi Baru Berbasis Green Technology

   Padang-today.com -Insanul Kamil  dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas ini mengapresiasi langkah Kepulauan Mentawai membangun pembangkit listrik biomassa dengan bahan baku pohon bambu.

“Dari segi pemenuhan kebutuhan listrik, apa yang dilakukan masih belum apa-apa. Tapi yang perlu diapresiasi adalah inovasinya, Mentawai telah berpikir dan berbuat menciptakan sumber energi baru berbasis green technology,” kata Insanul.

   Menurut Insanul,  bukan dari jumlah daya yang berhasil didapatkan dari pembangkit tersebut. Pembangkit dengan berbahan baku pohon bambu, tercipta sumber ekonomi bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rutin bahan baku penggerak pembangkit.

    “Untuk kesinambungan operasi, tentu harus ada ketersediaan pohon bambu. Ini merupakan salah satu dampak ganda dari inovasi ini. Masyarakat akan membudidayakan pohon bambu, ini akan menjadi penyerap pemanasan global akibat emisi rumah kaca,”pungkas dia.

    Mungkin kalau hanya bicara penerangan itu hanya efek kecil, yang terbesar manfaatnya adalah stabilisasi udara dengan penanaman bambu dan adanya tujuan wisata baru, sehingga menghidupkan ekonomi kerakyatan. Saya berharap Mentawai tidak berhenti sampai disini,inovasi teknologi terus dikembangkan,” pungkas Insanul.

   Insanul menambahkan, inovasi Mentawai ini akan menjadi perhatian karena dunia sedang mencari percontohan. Ini menjadi paru-paru dunia jika terus dikembangkan. Ke depan, sumber pembangkit listrik tidak bisa lagi hanya mengandalkan air karena air juga harus dijaga.

    “Apa yang dilakukan Naslindo merupakan pelajaran terbaik bagi dunia, dengan pembangkitan bio masa yang bisa menstabilkan udara,”imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas