Inspektorat Kuansing Riau Studi Komparatif ke Kota Padang

Inspektur Padang dan Kuansing saling bertukar cinderamata berupa plakat daerah masing - masing.

Inspektur Padang dan Kuansing saling bertukar cinderamata berupa plakat daerah masing – masing.

Advertisements

PADANG, PADANGTODAY.COM -Inspektorak Kota Padang yang dianggap berintegritas, menjadi tujuan studi komparatif Inspektorat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Kedua inspektorat ini melakukan pertemuan di Ruang Abu Bakar Jaar, Balaikota Padang, Jumat (12/9).

Inspektur Kota Padang Andri Yulika mengatakan, lnspektorat Kota Padang telah melakukan langkah peningkatan audit dan pengawasan. Selain penandatanganan pakta integritas dengan KPK, juga sudah dibentuk Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) serta melengkapi pejabat fungsional Inspektur Pembantu (Irban) dan Auditor.

Dijelaskan Andri, hasil pemeriksaan Inspektorat Kota Padang pada 2013, berdasarkan klasifikasinya yaitu sebanyak 101 temuan ketidakpatuhan terhadap peraturan, 93 temuan kelemahan sistem pengendalian intern, dan sebanyak 26 temuan 3E (Ekonomis, Efektif dan Efisien.

“Hasil itu menunjukkan trend menurun dan nihil indikasi pidana,” kata Andri.

Sementara itu rombongan Inspekorat Kabupaten Kuantan Singingi yang dipimpin langsung Inspektur Harnelis mengajukan berbagai permasalahan terkait kegiatan pemeriksaan dan jabatan fungsional di inpektorat Kota Padang. Pertanyaan – pertanyaan tersebut dijawab dengan penjelasan yang baik oleh Inspektur Andri Yulika dan beberapa Inspektur Pembantu.

“Penjelasan yang telah disampaikan dari Inspektorak Kota Padang sabgat berharga bagi kami. Banyak hal yang kami pelajari sekaligus menjadi bahan bagi kami untuk diterapkan di Kuansing,” ungkap Harnelis.

Harnelis juga mengutarakan beberapa persoalan yang sulit diatasi terkait temuan – temuan pemeriksaan. Begitu banyak berkas temuan yang tidak dilanjuti, bahkan sampai enam tahun dibiarkan menumpuk.

“Persoalan seperti memang belum dapat teratasi. Tapi dengan melakukan studi banding ke Padang dan beberapa daerah lain yang berhasil, maka kami optimis akan dapat bisa diselesaikan,” kata Harnelis. (can/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*