Inspektort Latih Pengawas, Asyirwan Yunus Mampu Perbaiki Manajemen Keuangan Daerah

 Wabup-Drs.H.Asyirwan-Yunus,-M.Si-membuka-Pelatihan-Tenaga-Pemeriksa-dan-Aparatur-Pengawasan-di-Hotel-Sago-Bungsu II.


Wabup Drs.H.Asyirwan Yunus, M.Si-membuka Pelatihan Tenaga Pemeriksa dan Aparatur Pengawasan di Hotel Sago Bungsu II.

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah adalah proses kegiatan yang ditujukan untuk menjamin agar pemerintahan daerah berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan. Wabup Limapuluh Kota Drs H Asyirwan Yunus MSi membuka Pelatihan Pengembangan Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan yang digelar oleh Inspektorat Kabupaten Limapuluh Kota di Gedung Pertemuan Hotel Shago Bungsu II Kecamatan Harau, Selasa (21/10).

Asyirwan Yunus yang piawai berpemerintahan dan telah lulus Lemhanas RI ini, memaparkan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas kerja aparatur.

”Tenaga Pemeriksa dan Aparat Pengawas di Inspektorat adalah motor dalam peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah sehingga dengan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja pengawasan dalam menunjang tugas dan tanggung jawabnya serta akan memperbaiki manajemen keuangan daerah,” ucap Asyirwan Yunus yakin.

Asyirwan Yunus dalam pidatonya, di hadapan para peserta menambahkan bahwa dengan pengembangan secara terus-menerus bagi Tenaga Pemeriksa dan Aparatur Pengawasan ini maka akan diperoleh SDM yang lebih kompeten dalam tugasnya sehingga nantinya penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih bisa dicapai.

”Banyak pejabat yang tersandung kasus hukum akibat penyimpangan penggunaan anggaran yang disediakan, oleh karena itu gunakanlah anggaran dengan tepat sasaran dan laporan keuangan yang jelas,” tegas Asyirwan Yunus.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Limapuluh Kota, H Kasman Kasim SH MH dalam laporannya mengatakan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 44 orang Tenaga Pemeriksa dan Aparatur Pengawasan di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Limapuluh Kota.

“Diharapkan mampu menambah wawasan para aparatur kita dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sehingga ruang lingkup pengawasan tidak hanya terkait pada aspek keuangan saja namun aspek-aspek lain juga perlu dilakukan pengawasan antara lain administrasi, urusan pemerintahan serta pengawasan lainnya,” ucap Kasman membacakan laporannya.

Materi pelatihan yang akan diberikan selama 4 hari penyelenggaraan meliputi, Bedah Kasus Pengadaan Barang dan Jasa, Evaluasi LAKIP dan Sasaran Kerja Pegawai (SKP).

Materi pelatihan disampaikan oleh Marta Minanda ST MT, Inspektorat Propinsi Sumatera Barat dan Badan Kepegawaian Daerah Propinsi Sumatera Barat,”tutup Kasman. Marta Minanda adalah Kepala Badan Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Payakumbuh.(malin​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*