Internet Dunia Terancam “Macet”

Ilustrasi.

Ilustrasi.

PADANGTODAY.COM-Internet dunia terancam “macet”. Sebabnya, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari PC World, Selasa (19/5/2015), kapasitas infrastruktur kabel serat optis yang menjadi tulang punggung jaringan global itu tak akan sanggup mengimbangi derasnya laju konsumsi konten berukuran besar.

Apalagi, belakangan layanan-layanan rakus bandwidth macam video streaming makin ramai digunakan.

Kabel serat optik secara teoritis mampu menangani transmisi data sebesar 100 terabit per detik atau setara dengan 250 buah piringan Blu-ray. Meski terkesan besar, kapasitas ini diperkirakan sudah tidak memadai dalam waktu hanya lima tahun ke depan.

Kalau sudah begitu, jaringan internet bakal berlaku ibarat jalan tol yang macet. Trafik pun akan melambat karena kapasitas jaringan tak memadai untuk jumlah data yang hilir mudik.

Kapasitas kabel serat optis sebenarnya bisa ditingkatkan dengan memperkuat level cahaya yang dihantarkannya. Tapi ada satu titik di mana cahaya bakal mengalami saturasi terlalu tinggi dan malah menghambat transmisi data.

Lalu, apa yang bisa dilakukan? Ilmuwan sejumlah universitas di Inggris sedang berupaya menemukan solusi untuk memperbesar kapasitas backbone internet.

Salah satu metode yang ditawarkan adalah dengan membuat kabel optis jenis baru yang memiliki “banyak inti” sehingga bisa menghantar data dalam jumlah lebih besar. Tapi kabel yang demikian lebih sulit dibikin dibandingkan serat optis konvensional.

Apapun solusi yang diajukan, para ilmuwan harus bisa mengkomersialisasikan dan memproduksinya dalam skala besar. Jika tidak, maka mungkin bandwidth internet harus “dijatah” atau dibatasi saat sudah “macet”.

(PCWorld/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*