IPHI Daerah Limapuluh Kota Bangun Haji Centre, H Asyirwan Yunus Harapkan Segera

Wabup Limapuluh Kota H Asyirwan Yunus letakkan batu pertama IPHI Center Limapuluh Kota

Wabup Limapuluh Kota H Asyirwan Yunus letakkan batu pertama IPHI Center Limapuluh Kota

Advertisements
Wabup Limapuluh Kota H Asyirwan Yunus letakkan batu pertama IPHI Center Limapuluh Kota

Wabup Limapuluh Kota H Asyirwan Yunus letakkan batu pertama IPHI Center Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Cita-cita Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Limapuluh Kota untuk membangun Pusat Kegiatan Haji (Haji Centre ) yang mempunyai Kantor Sekretariat sendiri, Gedung Serbaguna, Mushalla dan Toko Serbaada , sudah hampir kenyataan . Secara simbolis telah dilakukan peletakkan batu pertama pembangunan, Minggu (15/3).

”Saya menyambut baik dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak, khususnya pengurus dan panitia pembangunan yang telah memprakarsai untuk melaksanakan pembangunan Kantor, gedung serbaguna IPHI Limapuluh Kota ini. Saya berharap dengan jumlah potensi anggota IPHI Limapuluh Kota saat ini, pembangunan Kantor IPHI tersebut segera selesai,” ujar Wakil Bupati Lima Puluh Kota H Asyirwan Yunus.

Menurutnya, tidak selalu harus pemerintah yang bangun, tapi peran serta dari seluruh elemen yang ada, khususnya anggota dan pengurus IPHI itu sendiri akan sangat baik dan diharapkan dalam waktu dekat mampu menghimpun dana untuk penyelesaian pembangunan Kantor IPHI Limapuluh Kota tersebut.

”Saya sangat berharap dalam beberapa bulan ke depan pembangunan kantor Sekretariat IPHI Limapuluh Kota telah dapat kita manfaatkan, sehingga kegiatan rutinitas yang menyangkut dengan haji sudah dapat dilaksanakan dengan baik di gedung Sekretariat IPHI itu.,” ujar H Asyirwan Yunus.

Ketua IPHI Limapuluh Kota H Yusran Khan SH menjelaskan bahwa tanah untuk pembangunan Kantor sekretariat serta gedung serbaguna ini diperoleh dari tanah wakaf dari anggota IPHI bernama Hj Nurbaya. Tanah wakaf seluas 1.630 m2 dengan sertifikat nomor 2 yang berada di jalan masuk SMAN 1 Harau, dulunya sawah berawa-rawa. Namun, setelah ditimbun dinilai hampir Rp1 milyar.

Lebih lanjut dijelaskan aset lain dalam bentuk tanah seluas 5 ribu meter berada di Jorong Ketinggian Sarilamak , hal ini diperdapat dari sumbangan para anggota IPHI sejak tahun 2011- 2015 dengan nilai harga sekarang Rp.700 Juta. Sementara, dalam bidang organisasi dari 13 Kecamatan dalam wilayah Limapuluh Kota baru terbentuk dan diresmikan pengurus cabang 12 Kecamatan dengan jumlah anggota sampai saat ini hampir 3.500 orang.

Sebagian besar di tingkat cabang ini telah mulai aktif dengan pertemuan 1 kali sebulan dan dilanjutkan dengan pertemuan satu kali 2 bulan di tingkat daerah dengan lokasi pertemuan ditentukan secara bergiliran di kecamatan.

”Atas nama anggota dan pengurus IPHI Limapuluh Kota melalui Wakil Bupati H.Asyirwan Yunus kami mengharapkan adanya bantuan dana Hibah dari Pemda Limapuluh Kota pada Tahun 2016 untuk kelancaran pembangunan Haji Centre ini , karena untuk membangun Kantor Sekretariat, Gedung serba guna dan musala membutuhkan dana sekitar Rp1,7 milyar sehingga manasik haji untuk tahun mendatang dapat dipusatkan di tempat ini,” tutur Yusran Khan.

Kakan Kemenag Limapuluh Kota yang juga Ketua Dewan Penasehat (Wanhat) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Limapuluh Kota H Gusman Piliang, mengemukakan bahwa IPHI memiliki kedudukan dan peran sangat strategis di tengah-tengah masyarakat. Terutama membangun ukhuwah Islamiah di antara anggota dan masyarakat luas. IPHI juga sebagai wadah bagi masyarakat untuk memberikan saran dan masukan guna penyempurnaan dan pelaksanaan haji setiap tahunnya.

”Peran dakwah IPHI yakni mampu memotivasi umat untuk senantiasa berpikir positif, saling mengingatkan dan menasehati, menghargai perbedaan dan toleransi serta mengajak beramar makruf nahi mungkar. Konsep dakwah inilah yang dikembangkan terus oleh IPHI bersama-sama dengan lembaga dakwah, majlis taklim, dan organisasi Islam lainnya.

Disamping itu, IPHI diharapkan juga dapat membantu pemerintah dalam tugas-tugas pembinaan, penerangan dan bimbingan haji, serta memberikan informasi kepada jamaah dan calon jamaah haji.

Apalagi, IPHI memiliki berbagai program yang mampu mengajak para jamaah haji untuk lebih meningkatkan persatuan, keimanan dan ketakwaan serta amal nyata dalam rangka memantapkan kemabruran haji. IPHI, menurut H Gusman Pilian, dapat memberikan motivasi kepada para jamaah haji untuk lebih memantapkan amal ibadahnya, dalam upaya meningkatkan kualitas umat dan meratakan kesejahteraan.

Sementara itu, Dr H Dasril, Ketua Wilayah IPHI Sumatera Barat dalam tausiahnya menyampaikan bahwa dalam hidup ini tidak ada orang yang terlepas dari cinta. Cinta kepada anak, kepada orangtua, kepada suami atau istri dan cinta kepada dunia atas segala kesenangannya. Namun, cinta atas semua tersebut mempunyai keterbatasan.

”Hanya cinta kepada Allahlah yang tidak punya keterbatasan. Sebesar apa pun cinta kita kepada Allah, lebih besar cintaNya kepada kita. Maka jagalah kesucian cinta dengan menaati aturanNya. Kita semua terutama buat Hj Nurbaya yang telah mewakafkan tanahnya untuk kegiatan IPHI Limapuluh Kota ini adalah wujud dalam menuju dan mempertahankan haji yang mabrur,” papar Dr H Dasril.

Firman Allah SWT, ”Kamu sekali-sekali tidak sampai pada kebaktian (yang sempurna) sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS. Ali Imron : 92)

Wakaf merupakan salah satu ibadah yang pahalanya tidak akan putus selama manfaat harta yang di wakafkan itu masih bisa diambil, meskipun sipelaku wakaf sudah meninggal dunia. Oleh karena itulah wakaf tergolong ke dalam kelompok amal jariyah (yang mengalir).

Perhatikan Sabda Nabi Muhammad SAW, ”Apabila anak Adam (manusia) meninggal, putuslah amalnya kecuali tiga perkara : yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendo’akan kedua orang tuanya.” (HR. Muslim) .

Hadir dalam Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Sekretariat IPHI Kabupaten Limapuluh Kota, Wakil Bupati H Asyirwan Yunus, Kepala Kemenang Limapuluh Kota H Gusman Piliang, Ketua IPHI Wilayah Propinsi Sumatera Barat H Dasril, Camat Harau Deki Yusman SStp dan 300 orang pengurus dan anggota IPHI.

Spontan terkumpul dana kontan sejumlah Rp16.450.000. Serta masih ada yang berjanji 10 orang untuk menyumbang 10 tiang senilai Rp2.500.000 per tiang. Insya Allah Berkah!(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*