IPSI Payakumbuh Gelar Seleksi

Suasana seleksi tim pencak silat Porprov  Kota Payakumbuh.

Suasana seleksi tim pencak silat Porprov Kota Payakumbuh.

Advertisements

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.COM -Puluhan atlet kelas laga Pencak Silat Payakumbuh berlaga di arena SMK 1 Payakumbuh, Minggu (12/10) dikawal langsung oleh Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Payakumbuh, H Wilman Singkuan SSos MM. Wilman yang pesilat ini mengenakan pakaian hitam khas pakaian silat.

”Seleksi atlet ini kami lakukan, agar mendapatkan atlet-atlet yang berkualitas dan berpotensi medali di ajang Porprov Sumbar XIII di Dharmasraya 16-26 Desember mendatang. Harapan kita, cabang olahraga silat ini kembali mampu membuktikan kelasnya, lebih tinggi dari capaian Porprov XII lalu,” ujar Wilman Singkuan yakin.

Saat di Porprov XII tahun 2012 di Limapuluh Kota, cabang olahraga silat berhasil memboyong 1 emas dan 2 perunggu. Emas diraih oleh Fatma Yuliani di kelas F diatas 70 kg – 75 kg (putri). 2 perunggu berhasil diraup dari kelas A 45 kg – 50 kg dan kelas E diatas 65 kg – 70 kg. Di Selekda kali ini, Wilman Singkuan mengaku belum memastikan apakah di seluruh kelas akan diturunkan.

”Kita lihat dulu hasil seleksi ini,” pungkas Wakil Ketua DPRD Payakumbuh ini singkat.

Memang, untuk kelas seni tunggal, ganda, dan beregu, tim silat Payakumbuh tampaknya tidak menurunkan atlet. Sebab, untuk kelas ini belum muncul atlet yang berkualitas.

Di seleksi daerah yang digelar berupa pertandingan itu, para calon atlet dilagakan dengan calon atlet lainnya, seperti pertandingan resmi lainnya. Seleksi ini merupakan kinerja pertama dari kepengurusan IPSI Kota Payakumbuh periode baru ini.

Bermacam perguruan silat prestasi di Payakumbuh, mengirimkan calon atletnya untuk diseleksi di ajang ini. Ada muka-muka lama yang telah biasa menjadi utusan daerah ke iven-iven provinsi dan banyak muka-muka baru bermunculan.(malin​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*