Irfendi Arbi: Apapun Program Harus Output Kesejahteraan Masyarakat

Bupati Irfendi Arbi buka Musrenbang RPJMD 2016-2021

Bupati Irfendi Arbi buka Musrenbang RPJMD 2016-2021

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-“Apapun program kegiatan yang dilaksanakan harus ada output (keluaran) untuk kesejahteraan masyarakat.”

Penegasan ini ditekankan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). RPJMD disusun berdasarkan visi, misi dan rencana program pembangunan yang disusun oleh kepala daerah.

”Penyusunan RPJMD harus disusun secara transparan, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partispatif, terukur, berkeadilan dan berwawasan lingkungan, kata Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi membuka Musrenbang RPJMD tahun 2016-2021 di Hotel Shago Bungsu Tanjung Pati, (Kamis (9/6/2016).

Hadir pada Musrenbang RPJMD, Dandim, Kapolres, Kejari, Ketua Pengadilan, Sekda, dan Asisten.

Harus pula, sambung Irfendi Arbi, dipastikan perencanaan pembangunan melibatkan berbagai unsur SKPD, instasi vertikal dan lintas sektoral. Sebab, semua unsur itu selain punya tanggung jawab terhadap daerah, juga punya tanggung jawab terhadap bangsa dan NKRI.

Menggali potensi daerah dalam pengembangan, seperti wisata Lembah Harau, Jesigo (Jeruk Siam Gunung Omeh) dan sektor Usaha Kerajinan Rakyat (UKM) dan tak lupa industri rumah tangga.

”RPJMD harus disusun juga dengan taat azaz, taat aturan dalam pelaksanaan program kegiatan, dengan adanya hubungan lintas sektoral TNI, Polri dan Kejaksaan dalam usaha peningkatan aturan hukum,” ujar Irfendi Arbi.

Pembangunan ujar Bupati dua periode ini, harus beriringan dengan daerah lain dalam membangun daerah, tak boleh ada ego sektoral dan primordial. Sehingga program dan kepentingan daerah sejalan dengan pusat.

Sementara itu, Ketua DPRD Safaruddin Dt Bandaro Rajo memberikan arahan, bahwa pembangunan merupakan suatu proses perubahan. Perubahan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, baik itu melalui pengadaan prasarana, penciptaan atau penataan struktur, ataupun pembentukan mentalitas.

“Keberhasilan suatu program haruslah diawali dengan perencanaan yang terarah, cermat dan terukur,” kata Safaruddin dengan serius.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*