Irfendi Jadikan AITIS Ajang Bertukar Pikiran

Irfendi Jadikan AITIS Ajang Bertukar Pikiran

Irfendi Jadikan AITIS Ajang Bertukar Pikiran

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Acara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Internasional Trade And Invesment Summit (AITIS) 2016 di Jakarta Internasional Expo, tampaknya benar-benar menjadi ajang silaturahmi dan bertukar pikiran bagi Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dengan sejumlah bupati lainnya.

Dalam diskusi itu Irfendi dan para kepala daerah lainnya seperti Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumantri, S.Sos, M.Ap, Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR dan Bupati Merauke  Fredy Gebze serta Wabup Ketapang Suprapto lebih memfokuskan pembicaraan buat percepatan pembangunan serta pengelolaan potensi daerah.

Selain berdiskusi serius, para pimpinan daerah lain tersebut juga sempat mencicipi berbagai produk makanan spesifik Limapuluh Kota seperti rendang. Seolah dikomando, semua bupati yang menjadi sahabat Irfendi itu senada mengakui makanan khas daerah ini memiliki rasa yang sangat enak.

“Rendangnya sangat enak. Saya suka sekali,” ujar Bupati Merauke Fredy Gebze yang dianggukan bupati lainnya sembari meminta meminta alamat dan brosur tentang randang kepada penjaga stand daerah ini.

Disamping menyuguhkan aneka rendang, dalam kesempatan itu Irfendi juga menceritakan potensi objek wisata Lembah Harau yang memiliki tebing batu terjal yang fenomenal, ply over Kelok Sambilan yang disebut-sebut tertinggi di Indoensia bahkan Asia Tenggara serta lokasi peternakan BPTU Padang Mengatas yang kini lebih dikenal sebagai New Zealand-nya Indonesia.

Masih potensi pariwisata, Irfendi juga menjelaskan tentang menhir peninggalan zaman purbakala di Nagari Maek yang dikenal dengan sebutan negeri seribu menhir serta potensi wisata Bukik Posuak.

Sementara di bidang perkebunan, Irfendi menceritakan tentang keunggulan Limapuluh Kota yang menjadi produsen gambir terbesar di dunia. Begitu pula di bidang pertambangan, daerah ini terutama di kawasan Manggani Gunuang Omeh juga memiliki potensi pertambangan seperti emas yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

“Untuk menggarap beragam beragam potensi itu, kami butuh investor,” papar Irfendi sembari mengatakan kegiatan pameran seperti AITIS ini sangat bermanfaat buat mempromosikan berbagai potensi daerah ke berbagai pihak terutama investor.

Mendengar penjelasan Irfendi, sontak para bupati lainnya menyatakan sangat ingin berkunjung ke Luak Limo Puluah ini.

“Kami sangat ingin berkunjung ke Limapuluh Kota. Mudah-mudahan suatu saat kami bisa sampai di negeri yang indah dan memiliki potensi wisata Lembah Harau dan Kelok Sambilan itu,” tutur bupati lainnya.

Senada dengan Irfendi, sebelumnya Mendagri Tjahjo Kumolo ketika didampingi Bupati Limapuluh Kota ini mengunjungi berbagai stand pameran AITIS juga berharap kegiatan AITIS menjadi ajang promosi berbagai produk daerah dan menemukan investor bagi masing-masing daerah.

“Kita berharap pameran berbagai produk daerah dalam kegiatan AITIS ini daerah mampu menarik minat investor,” simpul Mendagri di hadapan Irfendi.

Usai berdiskusi dengan sejumlah bupati lainnya itu, Irfendi juga diminta pihak media Berita Daerah untuk mengekpose dan mempromosikan berbagai potensi daerah ini.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*