Irigasi di Jorong Gudam Diperbaiki

Kondisi Irigasi di  Jorong Gudam.

Kondisi Irigasi di Jorong Gudam.

Advertisements

TANAHDATAR,PADANGTODAY.COM-Kadis Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Edi Arman Pemkab Tanahdatar didampingi Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Kav Sutrisno Wibowo letakkan batu pertama pencanangan perbaikan jaringan irigasi untuk mengaliri kebutuhan sawah seluas 40 hektar di Jorong Gudam Nagari Pagaruyung Selasa (20/01).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Jajaran Kodim 0307 Tanah Datar, Wali Nagari Pagaruyung, Wali Jorong,Tokoh Masyarakat dan Anggota Kelompok Tani Jorong Gudam Kenagarian Pagaruyung.

Edi Arman himbau anggota kelompok tani dan masyarakat sekitar yang akan memanfaatkan jaringan irigasi ini agar dapat memelihara dan merawat jaringan irigasi tersebut, karena ini merupakan program pemerintah pusat dan kegiatan pencanangan ini dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota se Indonesia secara serentak untuk mendukung target pemerintah dalam mendukung peningkatan swasembada pangan 15 persen secara nasional. Dana yang digontorkan pemerintah pusat ini perhektarnya Rp 1.100.000,- untuk 30 ha lahan sawah yang dananya langsung masuk kerekening Kelompok Tani.

Dalam melakukan program swasembada pangan, harus ada komitmen dari pihak provinsi, kabupaten/kota se Indonesia, camat, babinsa, babinkabtibmas, UPTD, khususnya para penyuluh harus lebih giat dalam mensukseskan program tersebut. Kabupaten Tanah Datar memiliki Indeks Pertanaman (IP) sangat potensial, karena lebih dari 75 persen wilayah Kabupaten Tanah Datar merupakan lahan pertanian. “Saya yakin target nasional peningkatan produksi 15 persen akan bisa dan mampu direalisasikan,”tambahnya.(romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*