ISIS Kembali Menyandera 90 Orang Tawanan Umat Kristiani

Ilustrasi Tentara ISIS

Ilustrasi Tentara ISIS

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Organisasi pegiat kemanusiaan Syrian Observatory yang bermarkas di Inggris kemarin mengatakan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah
kembali menyandera 90 orang tawanan umat Kristiani dari Provinsi Hasakah, sebelah timur laut Suriah. Mayoritas korban penculikan tersebut adalah wanita dan anak-anak.

ISIS menangkap mereka warga Assyria Kristen itu di kawasan Suriah Timur. Kelompok militan itu mengatakan mereka telah menyandera puluhan tentara Salib, istilah mereka untuk menyebut warga Kristen.

Insiden ini merupakan pukulan untuk komunitas Kristen di Timur Tengah yang telah menyusut secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir karena serangan oleh militan Islam dan lain-lain. Kejadian ini juga merupakan serangan terbaru terhadap kelompok agama minoritas oleh ISIS.

Mereka sebelumnya juga menargetkan warga Yazidi di Irak utara, yang ditangkap dan dibunuh dalam jumlah yang jauh lebih besar tahun lalu.

Para tawanan tersebut dikhawatirkan bisa menjadi alat tawar-menawar bagi ISIS untuk menguasai wilayah strategis di Suriah dan Irak. Wilayah timur Suriah yang kaya minyak telah menjadi medan pertempuran utama antara pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat melawan ISIS.

Sebelumnya sebuah video yang dirilis ISIS bulan ini memperlihatkan pemenggalan 21 warga Kristen Koptik Mesir di sebuah pantai di Libya. Namun video itu dicurigai hasil rekayasa.

(pan/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*