ISIS Merilis Video Eksekusi Pilot Asal Yordania Yang Dibakar Hidup-hidup

Ilustrasi ISIS.

Ilustrasi ISIS.

Advertisements

PADDANGTODAY.COM-Sumber media sosial ISIS yang dijadikan alat propaganda, baru-baru ini merilis video eksekusi yang mengejutkan. Video tersebut menampilkan eksekusi pilot asal Yordania Muath al-Kaseasbeh yang dibakar hidup-hidup di dalam penjara.

Munculnya video berikut foto mengerikan ini, mendapat berbagai tanggapan dari tokoh dunia, salah satunya Presiden AS Obama. Obama menilai tindakan ISIS mencerminkan kebarbaran mereka. “Ini hanya salah satu indikasi kekejaman dan kebiadaban kelompok ini,” kata Obama seperti dikutip washingtontime.com, Selasa (3/2).

Aksi kejam ISIS ini dilakukan sebagai aksi balasan atas penolakan pemerintah Yordania terkait pertukaran tahanan. Saat itu ISIS meminta agar Muath al-Kaseasbeh ditukar dengan tawanan ISIS bernama Sajida al-Rishawi yang telah dijatuhi hukuman oleh pemerintah Yordania.

Marah, ISIS pun benar-benar jadi melakukan aksi membakar manusia hidup-hidup. Meskipun sampai saat ini belum diketahui keaslian foto dan video tersebut.

Muath al-Kaseasbeh adalah pria berusia 26 tahun yang bekerja sebagai pilot Jordanian F-16 yang jatuh dekat Raqqa, Suriah pada beberapa waktu lalu. Lantas dia pun ditahan oleh ISIS.

Diindikasikan kemunculan video ini juga bertujuan mendorong pemerintah Suriah untuk berhenti bekerjasama dengan barat dan mendukung ISIS.
(dan/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*