Istri Walikota Padangpanjang Segera Disidang

Padang-today.com – Maria Feronica istri Walikota Padangpanjang dan rekannya Rici Lima Saza seorang mantan pegawai rumah dinas.

kasus dugaan korupsi anggaran lingkungan rumah dinas Wali Kota Padang Panjang tahun anggaran 2014-2015, sebesar Rp 150 juta segera disidangkan.

Istri walikota Padang Panjang yakni Maria Feronica dan rekannya Rici Lima Saza, akhirnya dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (tipikor)Padang.

Berkas dakwaan itu diterima oleh Panitera Muda (panmud) Tipikor Padang,Rimson Situmorang yang diserahkan langsung oleh Kasipidsus Kejari Padang Panjang Syahrul Cs.

“Setelah penyerahan berkas ini, kita akan menunggu proses selanjutnya,”katanya.

Rimson Situmorang mengungkapkan, pihaknya tentu akan menerima pemberkasan nya terlebih dahulu.

Selanjutnya akan dilanjutkan dengan proses selanjutnya sebagaimana mestinya.

“Hari ini kita telah menerima berkas dakwaan dari jaksa Padang Panjang, tinggal lagi penetapan majelis hakim untuk pemrosesan persidangan di pengadilan. Hari kita akan langsung menyerahkan kepada ketua Pengadilan untuk melanjutkan proses ini,”ujarnya.

Apabila berkas telah berada dipihak pengadilan, tentu ketua pengadilan lah yang akan menetapkan tiga orang majelis untuk memproses.

Kemudian baru ditetapkan kapan waktu dilaksanakan sidang perdana dua terdakwa korupsi tersebut,”jelas Rimson.

Sementara itu, pada proses penyidikan sebelumnya disebutkan, bahwa Maria Feronica dan rekannya Rici Lima Saza, telah ditetapkan tersangka oleh pihak kepolisian dalam kasus dugaan korupsi anggaran lingkungan rumah dinas Wali Kota Padang Panjang tahun anggaran 2014-2015. Tersangka serta barang bukti dari penyidik kepolisian dilimpahkan ke jaksa.

Penyidik Kejari Padangpanjang menitipkan kedua tersangka di Rutan Klas II B Anak Aia Padang satu minggu sebelumnya. Kedua tersangka di tahan selama 20 hari. Kejaksaan Negeri Padangpanjang menunjuk lima orang jaksa yang menangani perkara ini.

Sebelumnya juga, Maria Feronika sempat berupaya mengajukan praperadilan terkait penetapan sebagai tersangka dalam kasus dugaan  korupsi Anggaran Rumah Tangga di Rumah Dinas Walikota Padang Panjang.

Dalam 3 kali sidang praperadilan dengan hakim tunggal Dyah Sutji Imani,SH, mulai dari pengumpulan berkas , mendengarkan keterangan saksi, hingga kesimpulan, tak terbukti kalau pihak Polres Padang Panjang melakukan kesalahan dalam menetapkan Maria Feronika sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi Rumah Dinas Walikota Padang Panjang.

Dalam sidang putusan praperadilan di PN Padang Panjang, hakim tunggal Dyah Sutji Imani menolak seluruh gugatan yang disampaikan Maria melalui kuasa hukumnya. Hakim pun menyatakan penetapan Maria sebagai tersangka oleh penyidik Polres Padang Panjang telah sesuai aturan hukum yang berlaku.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*