Izwaryani : Pemilu Itu Bagai Memilih Jarum Dalam Jerami.


Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Kota Padang Panjang mengadakan KPU Goes To Campus yang diadakan di Institut Seni Indonesia (ISI) kamis, (6/12)

   Okta Novisyah, Ketua KPU Kota Padang Panjang menyampaikan KPU Padang Panjang yakin bahwa ada keinginan besar mahasiswa ISI untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan menginformasikan seputar kepemiluan terutama kepada pemilih pemula yang saat ini lebih dikenal sebagai kaum Millenial.

    “Pemilih pemula, para pemuda harus menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019,” . Ucap Okta.

    Ediantes, Moderator pada  kegiatan ini,  menyampaikan bahwa undang undang memberikan hak untuk warga berumur 17 tahun untuk memilih. Oleh karena itu KPU melaksanakan sosialisasi KPU Goes To Campus karena  mahasiswa yang berumur 17 Tahun keatas juga perlu tahu bagaimana tahapan pemilu itu.

    Izwaryani, Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat menyampaikan, sejarah pemilu dengan bagaimana proses panjang sebuah bentuk sejarah dari proses kedaulatan dari sebuah negara, Indonesia adalah negara demokrasi dimana kedaulatannya berada di tangan rakyat.

    “Sebagai bangsa yang besar maka muncul pertanyaan, bagaimana rakyat Indonesia berkumpul dan mengambil keputusan? Karena itu Indonesia menggunakan perwakilan,”kayanya.

   Maka makna subsatansi pemilu bukan proses pemberikan suara ke TPS. Tapi proses memindahkan kekuasaan yang kita miliki kepada orang yang kita wakilkan untuk menjalankan amanah kekuasaan.

Maka efektifitas menjalankan pemerintahan di laksanakan dengan perwakilan. Oleh karena itu yang kita amanah kan itu adalah orang yang benar memikirkan kita, sesuai keinginan kita.

    “Apa seharusnya yang kita pertimbangkan untuk memilih? Mau pilih orang menempati jabatan tertentu, presiden, DPD , DPR RI maka yang jadi pertimbangan adalah kompetisi dia dalam jabatan itu”. Ucap Izwaryani.

    Tiga kompetisi itu adalah merancang perundang undang, anggaran dan pengawasan.

    Izwaryani menjelaskan maka dari itu teliti, bagaimana pengalamannya, bagaimana visi dan misinya dan bagaimana programnya, jangan hanya memilihnkarena kedekatan keluarga, kenalan atau bahkan karena politik uang.

   “Di Padang Panjang sendiri terdapat 240 orang yang akan dipilih menjadi 20 orang yang akan duduk sebagai anggota DPRD Kota Padang Panjang. Maka pemilu memang seperti memilih jarum dalam jerami” Tambah Izwaryani.

    Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan ISI Padang Panjang, Firdaus, menyambut baik kegiatan ini. harapannya kegiatan ini terus dilaksanakan guna meningkatkan kesadaran anak muda untuk berperan aktif dalam pemilu. (*rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*