Jadikan Lahan Percontohan Menanam Padi, Ali Mukhni dan Dandim 0308 Bertekad Sukseskan Swasembada Pangan Nasional

Bupati Ali Mukhni dan Dandim 0308 Letkol Inf Persada alam bersama jajaran pada panen perdana padi di demplot padi nagari kasang kec. Batang Anai.

Bupati Ali Mukhni dan Dandim 0308 Letkol Inf Persada alam bersama jajaran pada panen perdana padi di demplot padi nagari kasang kec. Batang Anai.

Padangpariaman, PADANGTODAY.com-Bupati Ali Mukhni dan Dandim 0308 Letkol Inf Persada Alam bertekad sukseskan program swasembada pangan nasional dan berniat menjadikan Padang Pariaman sebagai lahan percontohan menanam padi di Sumatera Barat.

Hal tersebut ia sampaikan pada panen padi perdana di demplot padi nagari kasang kec. Batang Anai, Kamis (7/5). Panen perdana tersebut juga dihadiri Kepala BPS Kab. Padang Pariaman Mukhlis dan Kelompok Tani se-Padang Pariaman.

“Kita tahun Bapak Presiden fokus terhadap ketahanan pangan. Untuk itu Kita di Padang pariaman bersama TNI siap sukseskan program Swasembada beras nasional,” kata Bupati yang meraih penghargaan Ketahanan Pangan Nasional dari Gubernur Sumbar itu.

Ali Mukhni juga apresiasi jajaran TNI yang benar-benar bekerja keras dan memotivasi masyarakat untuk bersama menanam padi dengan metode organik.

“Kita apreasisi Bapak Dandim beserta jajaran kodim 0308 yang sungguh-sungguh dan tanpa kenal lelah untuk memotivasi masyarakat meningkatkan produksi pangan,” kata Bupati yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Sementara itu Dandim 0308 Pariaman Letkol Inf Persada Alam menjelaskan bahwa lahan yang akan dipanen seluas dua hektar. Lahan tersebut telah ditanami sejak 29 Januari 2015 yang lalu. Adapun lahan tersebut ditanami seluruhnya dengan pupuk organik.

“Kiat tanam dengan pola organik. Jadi dari awal sampai akhir tidak ada satupun yang memakai bahan kimia. 100% dari pupuk organik,” kata Pria asal Pagar Alam Sumsel itu.

Ditambahkannya bahwa beras adalah kebutuhan pokok utama masyarakat Indonesia. Untuk itu diperlukan inovasi dalam pembibitan hingga bertanam. Cara bertani yang modern diterapkan dengan tujuan menambah produksi dan menjaga keseimbangan alam.

Anggota DPRD Syahrul Dt Lung mengatakan mendukung program ketahanan pangan dan apresiasi kepada pihak TNI. Ia berharap jajaran Dinas terkait bersama Petani untuk terus meningkatkan produksi beras di Padang pariaman.

“Semoga Padang Pariaman menjadi salah satu lumbung pangan di Sumbar,” kata Putra Kec. Batang Anai itu.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas