Jadilah Seorang Pelaut

Padang-today.com___ Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat, menargetkan melatih 3.600 nelayan di provinsi itu selama 2018, terkait keselamatan dan aturan menangkap ikan.

Mengarungi lautan yang luas dalam waktu yang lama, menghadapi tantangan dalam mengarungi lautan yang amat luas adalah warna-warni kehidupan seorang pelaut.

Sebagai Seorang Pelaut Sejati rasa bosan, jenuh, kangen keluarga di rumah bukanlah sebuah tantangan berat bagi seorang pelaut walaupun rasa itu suatu saat pasti akan melanda seorang pelaut yang sedang melaksanakan tugasnya.

Berikut sepenggal puisi pelaut  yang penuh motivasi untuk Seorang Pelaut Sejati untuk meraih segala mimpi dan pulang membawa impian itu dengan rasa bangga. Wahai pelaut sejati, pengembara samudera, Jangan pernah ada kata kandas apalagi jera, Meski kapalmu retak dihantam gelomban, Meski kapalmu terkoyak digores batu karang.

“Kami akan memberikan pelatihan keselamatan agar nelayan bisa menghadapi jika terjadi cuaca buruk saat berlayar, dan aturan menangkap ikan di perairan laut,” kata Direktur Poltekpel Sumbar, Hartanto di Ulakan Tapakis, beberapa hari lalu.

Ia mengatakan untuk mengikuti pelatihan ini nelayan dapat mengajukan diri secara perseorangan maupun kelompok. Saat pelatihan, lanjutnya peserta akan diberikan berbagai fasilitas, dan tanpa dipungut biaya karena telah ditanggung negara.Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 2016 dan diharapkan akan terus berlanjut.

“Untuk tahun ini realisasi pelatihan terhadap nelayan ini sudah mencapai 1.000 orang. Untuk mencapai target 3.600 nelayan kita akan lakukan jemput bola atau mendatangi nelayan-nelayan tersebut,” kata dia.

Pihaknya memberikan pelatihan terhadap nelayan ini karena merupakan tanggung jawab lembaga untuk masyarakat sekitar terutama nelayan. Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Padang Pariaman, Anton Wira Tanjung mengatakan pihaknya masih minim dalam mendapatkan informasi terkait adanya pelatihan tersebut.

“Memang kemarin ada pelatihan untuk enam anggota HNSI Padang Pariaman, namun melalui Dinas Perikanan,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan mencari cara agar ke depan seluruh anggota HNSI Kabupaten Padang Pariaman yang mencapai 3.800 orang dapat mengikuti pelatihan dari Poktekpel.Ia menyebutkan 3.800 anggota tersebut terdiri dari nelayan penuh, nelayan sampingan, dan buruh. (suger)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas