Jadwal Pilkada Padangpariaman Belum Bisa Dipastikan

PADANGPARIAMAN,PADANGTODAY.COM-Jadwal pelaksanaan Pilkada belum bisa dipastikan sekarang, karena revisi undang-undang pemilukada yang baru belum rampung. Hal ini disampaikan Komisioner Bidang Hukum KPU Kabupaten Padangpariaman, Zulnaidi, Jumat (6/2) dinihari di ruang kerjanya.

KPU Padangpariaman hingga kini belum melakukan tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah ( Pemilukada ) . Pasalnya, peraturan pemerintah tentang pelaksanaan pemilukada masih dalam pembahasan DPR RI.

“Kita belum melaksanakan tahapan pemilukada, karena belum rampungya revisi Undang-Undang pemilukada yang baru,” kata Komisioner Bidang Hukum KPU Kabupaten Padangpariaman,”ujarnya.

Menurutnya, tahapan pemilukada bisa dimulai, jika undang-undang pemilukada sudah rampung. Rencananya, revisi undang-undang pemilukada tersebut akan rampung pada pertengahan Februari mendatang.

“Jika revisi terhadap undang-undang pemilukada itu sudah rampung, sudah bisa dipastikan tahapan pemilukada akan dimulai. Besar kemungkinan revisi terhadap undang-undang tersebut akan rampung pada pertengahan bulan ini,” ungkapnya.

Dirinya mengaku, jadwal pelaksanaan pemilukada atau pemilihan pun belum bisa dipastikan sekarang. Hal ini lantaran belum adanya keputusan di DPR mengenai kapan dilaksanakannya pemilukada serentak.

“Hingga kini DPR kan belum ada keputusan tentang pelaksanaan pemilukada serentak, informasinya DPR cenderung pemilukada serentak dilaksanakan pada Februari tahun depan. Namun yang pasti persiapan terus kita lakukan,” ulasnya.

Meskipun tahapan pemilukada belum dimulai, namun KPU Kabupaten Padangpariaman terus melakukan berbagai persiapan menjelang dimulainya tahapan tersebut. “Kita sudah ajukan anggaran ke DPRD untuk pelaksanaan pemilukada dan sudah disahkan, sosialisasi tentang pemilukada juga sudah kita lakukan sebagai bentuk persiapan kita,” terangnya.

Terpisah, Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Padangpariaman, Zulhelmi Tk Sidi menyatakan, hingga kini sudah ada 6 nama bakal calon kepala daerah yang sudah mendaftarkan diri ke partainya.

Pendaftaran balon kepada daerah di partai PKB, rencana akan ditutup pada 9 Februari mendatang. Selain sudah mengantongi sejumlah nama balon, DPC PKB Padangpariaman akan melakukan seleksi kepada nama-nama yang sudah masuk.

“Kita jadwalkan penutupan tanggal 9 mendatang, namun itu bisa berubah jika ada hal yang sifatnya krusial. Kita juga akan lakukan seleksi kepada nama-nama balon tersebut,” ujarnya.

Hingga kini, DPC PKB Padangpariaman juga terus membangun komunikasi politik dengan sejumlah parpol pemenang pemilu Padangpariaman 2014 lalu. Menurut Zulhelmi, PKB harus berkolisi dengan partai lainnya untuk bisa mengusung satu pasangan balon kepala daerah.

“Kita terus jalin komunikasi dengan partai-partai lainnya, kita harus koalisi dengan partai lain untuk mengusung satu pasangan calon. Kita sudah lakukan komunikasi dengan partai lain, seperti partai Demokrat, Partai PDI Perjuangan, Partai PAN,” terangnya (eri).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas