Jalan Lonsor, Perlu Penanganan Serius

 

Padang-today.com__Bahu jalan Pamatang panjang di Korong Balekok Nagari Kuranji hulu Kecamatan Sungai Geringging, Padang pariaman, Sumbar, yang menghubungkan dua kecamatan, Sungai Geringgging dan Kecamatan Sungai Limau kondisinya mengkawatirkan.  Akibatnya,  warga yang melitas di jalan tersebut harus hati-hati, salah sedikit nyawa bisa melayang terjung ke dalam jurang dengan kedalaman 100 kaki.

“Warga yang akan melintasi jalan penghubung dua nagari dan dua Kecamatan Sungai Limau dengan Kecamatan Sungai Geringging itu harus hati-hati. Pasalnya, jalan tersebut tidak ada tanda-tanda, atau rambu-rambu bahwa jalan tersebut lonsor,” kata salah satu pemuka masyarakat setempat Suberlin kepad wartawan, Senin 24/09/2018.

Suberlin 41 tahun mengatakan, kondisi jalan yang longsor itu sudah lama, tapi sampai saat sekarang belum juga di tanggapi oleh pihak terkait untuk perbaikannya. Sekiranya dibiarkan berlarut larut seperti itu, sudah jelas akan memakan korban jiwa.

“Sebaiknya pihak perawatan perhubungan harus selalu meninjau langsung disetiap lokasi tugasnya, namun hal ini jarang dilakukan oleh yang bersangkutan. Nantinya, dikawatirkan akan menimbulkan korban jiwa bagi warga yang kurang hati-hati melintasi jalan tersebut,” jelasnya.

 Dan yang lebih mengkwatirkan, jelasnya,  dilokasi jalan yang longsor yang lebarnya lebih kurang 17 meter dan berkedalaman 60 meter itu tidak ada tanda tanda yang dipasang sebagai tanda atau antisipasi untuk keamanan bagi pengguna jalan.

Ia berharap, dengan kondisi jalan tersebut bagi pihak terkait untuk dapat memasang tanda-tanda atau rambu-rambu bahwa jalan tersebut cukup berbahaya untuk dilalui. “Demi perawatan jalan dan keamanan si pengguna jalan agar pihak yang terkait bisa secepatnya mengambil tindakan untuk menhindari jatuhnya korban jiwa, tandasnya menghakiri. (suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*