Jalan Penghubung Palembayan-Matur Kembali Amblas, Transportasi Lumpuh Total

Jalan perlintasan antara Palembayan dan Matur amblas dan transportasi lumpuh total.

Jalan perlintasan antara Palembayan dan Matur amblas dan transportasi lumpuh total.

Advertisements

AGAM, PADANGTODAY.com-Musibah bencana alam kembali terjadi di Kabupaten Agam. kali ini Jalan penghubung antar dua Kecamatan mengalami putus total akibat badan jalan Palembayan menuju Matur, tepatnya di Sungaitaleh Kecamatan Palembayan amblas Selasa (17/3) Sore.

Kejadian serupa juga terjadi di Jorong Marambuang, dikawasan tersebut, tanah longsor mengakibatkan satu unit rumah milik Yuliskatin tertimbun longsor, sehingga pemilik rumah mengalami kerugian hingga Rp 200 juta. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Dari data yang berhasil dihimpun padangtoday.com, Selain rumah, tanah longsor juga mengakibatkan satu ekor kerbau milik warga ikut tertimbun. Lebih kurang 200 hektare sawah warga di Talaok mengalami rusak karena timbunan longsor, sawah warga di Sungaitaleh Kampung Beringin juga mengalami hal serupa yang mengakibatkan 6 Hektare sawah mengalami kerusakan. Kemudian kebun warga di Marambuang sebanyak 2 Hektare mengalami rusak, serta irigasi Sungaitaleh sepanjang 200 meter juga ikut di hantam longsor.

Saat ini jalur transportasi yang menghubungkan Nagari Lawang Kecamatan Matur dengan Kecamatan Palembayan mengalami lumpuh akibat kejadian tersebut. Sebelumnya badan jalan tersebut sudah sering amblas. Namun sebagai antisipasinya pihak Dinas PU Propinsi Sumbar selalu berusaha menambalnya sehingga kendaraan roda dua dan roda empat tetap bisa lewat.

“Saat ini, BPBD bersama pihak Kecamatan, Walinagari, Masyarakat serta pihak dari Dinas PU Propinsi tengah mengecek untuk pemindahan relokasi jalan alternatif yang bisa di gunakan warga sebagai jalur transportasi, yaitu dengan membelokkan jalan yang di depan SD Marambuang ke arah kiri untuk pengalihan jalur,” ujar salah seorang petugas BPBD Agam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*