Jam Kerja PNS/TNI/Polri Terpangkas Sepanjang Ramadhan

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi saat memberikan SK kepada 51 PNS, di aula Balaikota di Bukik Sibaluik, Jum’at (3/6) sore.

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi saat memberikan SK kepada 51 PNS, di aula Balaikota di Bukik Sibaluik, Jum’at (3/6) sore.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Sepanjang Ramadhan ini, jam kerja PNS/TNI/Polri di Payakumbuh dipotong beberapa jam. Hal tersebut menyusul keluarnya edaran Menteri PAN RB Republik Indonesia Nomor 03 Tahun 2016, tentang  penetapan jam kerja aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri selama Ramadhan. Atas edaran tersebut, selama bulan suci, jam kerja PNS/TNI/Polri di Payakumbuh terpangkas 1,5 jam sehari.

Atas edaran tersebut, Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi meminta seluruh PNS di jajaran Pemko untuk mematuhi edaran yang dimaksud. Di samping itu, Walikota menegaskan agar jangan ada yang menambah keterlambatan masuk kerja atau mempercepat jam pulang kantor.

“Bagi pejabat atau staf yang indisipliner, akan diberikan sanksi tegas sesuai dengan ketentuan berlaku,” ungkap Riza Mengingatkan.

Walikota Riza Falepi turut meminta, seluruh unsur pimpinan agar menjadi teladan dalam penerapan jam kerja selama puasa Ramadhan. Walikota tak ingin bila yang melanggar aturan justru unsur pimpinan.

“Itu sama saja dengan tongkat yang membawa rebah,” ingatnya.

Walikota Riza mengingatkan, puasa Ramadhan bukan membuat PNS indisipliner. Sebaliknya, puasa justru hendaknya meningkatkan disiplin seluruh PNS. Sebab, menurut Riza, puasa menjadi sarana melatih diri taat dengan waktu imsak dan waktu berbuka puasa.

“Nilai-nilai ibadah yang terkandung dalam menjalani puasa, harus berpengaruh baik pada disiplin masuk kantor dan kinerja pegawai,” ingat Riza.

Sesuai dengan edaran Menpan RB, jam masuk kantor dari Senin sampai Kamis, pada biasanya pukul 07.30 WIB berubah menjadi pukul 08.00 WIB. Sedangkan, jam pulang kantor biasanya pukul 16.00 WIB, dipercepat menjadi pukul 15.00 WIB. Untuk hari Jumat, masuk kantor tetap jam yang sama, pulangnya pukul 15.30 WIB, karena pada pukul 11.30 sampai jam 12.30 PNS istirahat, karena shalat Jumat.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*