Jatuhnya Pesawat MH17, Rusia Diduga Latih Kelompok Separatis

rusia-diduga-latih-kelompok-separatis-buat-tembak-jatuh-pesawatRusia, PADANGTODAY.com – Pejabat militer senior Amerika Serikat John Kirby mengatakan kelompok separatis pro-Rusia yang diyakini menggunakan sistem rudal Buk untuk menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17 kemungkinan telah dilatih oleh militer Rusia.

Advertisements

“Sistem rudal anti pesawat tempur rancangan Rusia yang dikenal juga dengan nama SA-11 itu adalah peralatan militer berteknologi canggih yang tidak mungkin digunakan kelompok separatis tanpa dukungan dan bantuan teknis dari Rusia,” kata Kirby di Pentagon, Amerika Serikat kepada wartawan kemarin, seperti dilansir surat kabar the Los Angeles Times, Sabtu (19/7).

Dia mengatakan informasi tentang apakah personel militer Rusia terlibat atau melatih para militan itu atau bahkan mengoperasikan sistem itu, cukup penting bagi para penyelidik dan intelijen Amerika. Rusia dan Ukraina sebelumnya saling tuding terlibat dalam jatuhnya MH17 berpenumpang 298 orang itu.

Sistem rudal Buk jarak menengah yang dipasang di kendaraan militer itu dikembangkan oleh Uni Sovyet pada 1970-an dan hingga kini masih diproduksi oleh produsen persenjataan militer Rusia.

Senjata itu dilaporkan bisa mengenai target hingga ketinggian 21 kilometer dari permukaan tanah. Pesawat MH17 saat ditembak jatuh berada pada ketinggian sekitar sepuluh kilometer.

(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*