Jawaban Bupati Terhadap Pandangan Delapan Fraksi Atas Ranperda Perubahan APBD 2018

Jawaban Bupati Terhadap Pandangan Delapan Fraksi Atas Ranperda Perubahan APBD 2018

Jawaban Bupati Terhadap Pandangan Delapan Fraksi Atas Ranperda Perubahan APBD 2018

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bupati Limapuluh Kota menyampaikan Nota Jawaban Bupati Pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Limapuluh Kota atas Pandangan umum fraksi terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Tahun 2018. Dalam hal ini Bupati diwakili oleh Plt Sekda Widya Putra menjawab pertanyan delapan Fraksi di DPRD Limapuluh Kota yang menyampaikan pandangannya atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan APBD Kabupaten Limapuluh Kota Tahun Anggaran 2018 yang dibacakan Pada Rapat Paripurna Terbuka DPRD Limapuluh Kota, tentang pandangan umum fraksi terhadap Perubahan APBD .

Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD, Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, SH yang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Deni Asra,S.Si dan Sastri Andiko Dt.Putiah SH dengan segenap anggota DPRD dihadiri oleh plt.Sekda Widya Putra dan angota Forkopimda, bersama kepala OPD dan para wartawan dilingkungan Pemda Limapuluh Kota yang dinyatakan terbuka untuk umum bertempat di Aula Kantor DPRD Limapuluh, Jumat (28/9/2018) kemarin.

Ada 51 rangkuman jawaban atas pandangan delapan fraksi tersebut yang disampaikan oleh Widya Putra dalam hal ini mewakili Bupati Limapuluh Kota, Izinkami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada saudara pimpinan dan segenap anggota dewan yang terhormat atas pandangan umum terhadap Ranperda tersebut di atas yang telah kami sampaikan nota penjelasannya pada tanggal 26 september 2018.

Pada nota jawaban ini, izinkan kami menyampaikan jawaban, keterangan dan penjelasan terhadap pendapat, pandangan, pertanyaan dan serta sumbang saran dari fraksi-fraksi di lembaga terhomat ini. Dengan tata urutan serta narasi yang dikemukakan, diharapkan dengan sistem ini akan dapat kami menjawab serta menjelaskan maupun mengemukakan alasan bersifat konkrit dan universal.

Widya Putra menjawab pandangan Fraksi Demokrat. “Pertama, terima kasih atas saran dari fraksi partai Demokrat dan kami sangat setuju bahwa adanya perubahan APBD tahun 2018 didasarkan pada alasan-alasan dan pemikiran yang jelas, objektif serta rasional dan disisi lain perubahan APBD tahun 2018 ini juga mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut : Terdapat penurunan dan penyesuaian proyeksi penerimaan terutama pendapatan yang berasal dari pemerintah pusat dan pemerintah propinsi.
Perlu dilakukan pergeseran anggaran antar unit kerja, antar kegiatan dan antar jenis belanja setelah ditetapkannya perda APBD karena petunjuk teknis mengenai pemanfaatan DAK non fisik baru ditetapkan pada tahun anggaran berjalan. Sisa lebih perhitungan anggaran tahun 2017 yang belum dimanfaatkan.

Kedua, selanjutnya menanggapi pertanyaan saudara tentang kendala dan permasalahan pada sisi pendapatan asli daerah (PAD) yang mana retribusi daerah sudah mengalami kenaikan namun penerimaan bunga deposito dan jasa giro kas daerah serta dana perimbangan mengalami penurunan dapat kami jelaskan bahwa kenaikan retribusi daerah pada perubahan APBD 2018 ini bersumber dari retribusi tempat rekreasi dan olah raga sedangkan pendapatan jasa giro dan deposito mengalami penurunan, hal ini disebabkan karena adanya perubahan manajemen kas terutama sumber pendapatan dari dana perimbangan pada tahun 2018 diatur dengan penyaluran berbasis kinerja sehingga tidak memungkinkan adanya dana yang mengendap di kas daerah melebihi dari tujuh hari kerja dan atau sisa kas daerah tidak boleh melebihi 30%. Berarti akan mempengaruhi jasa giro dan bunga deposito yang sudah ditargetkan pada APBD awal.

Ketiga, menanggapi pertanyaan saudara terkait dengan naiknya belanja hibah dan bansos yang sangat siknifikan, maka dapat kami jelaskan bahwa hal ini didasarkan pada banyaknya permintaan dan usulan yang disampaikan masyarakat atas belanja hibah dan bantuan sosial dan hal ini telah sesuai dengan kesepakatan kita bersama dalam KUPA dan PPAS perubahan APBD tahun 2018 yang menyatakan bahwa silpa tahun 2017 dimanfaatkan untuk kebutuhan publik.

Keempat, terkait dengan pertanyaan saudara terhadap upaya dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak dan wajib retribusi dapat kami jelaskan dengan melakukan bimbingan teknis dan penyuluhan terhadap masyarakat serta mengintensifkan pendataan dan peremajaan data terkait pajak dan retribusi.

Kelima, kami sangat setuju terkait dengan saran saudara terhadap optimalisasi pengawasan penggunaan dana desa serta memberikan dorongan terhadap pendamping desa agar aktif dalam pelaksanaan kegiatan khususnya terhadap pemberdayaan masyarakat, sehingga pemanfatan dana tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Keenam, terkait dengan pertanyaan dari fraksi Partai HANURA terhadap hakekat APBD yang berpihak kepada masyarakat dapat kami jelaskan bahwa dalam penyusunan APBD setiap tahun harus mempedomani rencana pembangunan jangka menengah dan jangka pendek serta menjaga keseimbangan antara kebutuhan penyelenggara dan kebutuhan publik dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah.

Ketujuh, selanjutnya menjawab pertanyan saudara terkait dengan penurunan pendapatan sebesar 0,47 % dapat kami jelaskan bahwa sebagian besar penurunan pendapatan pada dana perimbangan yang bersumber dari dana dak baik itu dak fisik maupun dak non fisik dengan pola penyaluran sistem kinerja atau dengan kata lain dana akan disalurkan yang disesuaikan data kontrak.

Kedelapan, menjawab pertanyaan saudara terkait potensi penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah perlu penjelasan eksekutif tentang objek pajak mana yang potensial dan masih belum sesuai harapan dan termasuk disisi mana kebocoran pajak dan retribusi daerah yang tertinggi dapat kami jelaskan bahwa pada dasarnya penerimaan pajak daerah hampir seluruhnya merupakan close list namun demikian kita masih tetap melakukan upaya-upaya intensifikasi dari sumber-sumber penerimaan pajak terutama pajak bumi dan bangunan dengan upaya pendataan dan peremajaan data untuk mewujudkan pajak yang berkeadilan.

Kesembilan, terima kasih atas saran dari fraksi PPP terkait dengan kegiatan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan tahun anggaran 2018 ini diarahkan dan mengacu kepada agenda prioritas dan target yang telah disusun berdasarkan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2018 dan rpjmd kabupaten lima puluh kota sedangkan program kegiatan sudah tertampung dalam APBD 2018 yang tidak terlaksana akan dilaksanakan pada perubahan APBD 2018.

Kesepuluh, seterusnya menanggapi pertanyaan saudara terkait jembatan gantung di jorong koto kociak nagari taeh baruah yang tidak bisa dilaksanakan tahun 2018 ini sementara jembatan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk distribusi hasil pertanian, dimana agar jembatan tersebut dikerjakan di awal-awal tahun 2019 dapat kami jelaskan bahwa hal ini akan menjadi perhatian pemerintah daerah untuk kedepannya akan ditindak lanjuti.

Kesebelas, terima kasih atas saran saudara dalam optimalisasi pemungutan dan pengelolaan pad tahun 2018 akan tetap meningkatkan pencapaian realisasi melalui intensifikasi dan ektensifikasi sehingga target yang sudah ditetapkan dapat tercapai seoptimal mungkin.

keduabelas, terkait dengan pelaksanaan audiensi masyarakat kubang balambak dan sungai data pada tanggal 24 September 2018 sehubungan dengan pembangunan jalan akan ditindak lanjuti sebagaimana telah tercantum dalam keputusan rapat dan akan merupakan prioritas pada rapat-rapat pembahasan selanjutnya.

Ketigabelas, menanggapi pertanyaan saudara terkait jembatan Padang Sompik yang terletak di Nagari Talang Maur yang sudah rusak parah dan ruas jalan simpang tigo mungka serta simpang tigo kenanga tentu akan tetap menjadi perhatian kita bersama dalam perencanaan, penganggaran secara bertahap pada tahun-tahun berikutnya sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Keempatbelas, terima kasih atas saran dari Fraksi Partai Golkar terkait dengan perubahan APBD yang pada hakekatnya memprioritaskan kegiatan-kegiatan yang menyentuh kepentingan masyarakat seperti pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Kelimabelas, terima kasih atas tanggapan saudara terkait dengan peningkatan kerjasama pemerintah daerah dengan bpjs. Kedepan kita tetap berupaya menyampaikan aspirasi dan keluhan masyarakat agar pelayanan yang diberikan oleh BPJS lebih optimal sehingga persoalan-persoalan yang ditemui selama ini dapat diminimalisir.

Keenambelas, selanjutnya menanggapi saran saudara terkait dengan penerimaan CPNS, akan kita laksanakan secara transparan, jujur dan adil serta sesuai dengan aturan yang berlaku. Demikian juga terkait dengan lelang jabatan yang sekaligus untuk mengisi jabatan yang belum defenitif serta mengisi kekosongan jabatan yang memasuki usia pensiun.

Ketujuhbelas, menanggapi harapan saudara terkait terjadinya trend penurunan pada bagian tertentu baik itu pendapatan maupun belanja serta agar pemerintah daerah melakukan efisiensi terhadap anggaran dan fokus terhadap kebijakan rpjmd sudah kami jawab pada pertanyaan Fraksi Partai Hanura.

Kedelapanbelas, menanggapi pertanyaan dari Fraksi PDI Perjuangan dan PKB terkait dengan permasalahan utama pendapatan daerah ada beberapa hal yang ditemui diantaranya masih kecilnya kontribusi pendapatan asli daerah terhadap APBD serta masih rendahnya kesadaran wajib pajak dan wajib retribusi telah kami jawab pada pertanyaan Fraksi Partai Demokrat.

Kesembilanbelas, selanjutnya menjawab pertanyan saudara terkait dengan penurunan pendapatan daerah sebesar 0,47%, sudah kami jawab pada pertanyaan dari Fraksi Partai Hanura.

Keduapuluh, selanjutnya menjawab pertanyaan saudara terkait dengan kondisi yang mempengaruhi dalam penyusunan prioritas belanja sering terbentur dengan keterbatasan kemampuan keuangan daerah atau tidak seiringnya pertumbuhan pendapatan dibandingkan belanja serta belum sepenuhnya konsep skala prioritas dilakukan dalam pengajuan belanja yang dilakukan instansi atau dinas sehingga anggaran berbasis kinerja belum sepenuhnya tercapai, dapat kami jelaskan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama dalam penyusunan APBD adalah merupakan siklus kedua dari pengelolaan keuangan daerah yang dimulai dari perencanaan yang berpedoman pada rkpd sebagai jabaran dari RPJMD yang terukur baik kinerja maupun kemampuan keuangan daerah.

Keduapuluhsatu, selanjutnya menjawab pertanyaan saudara terkait dana bansos berupa beasiswa untuk pelajar sma yang saat ini menjadi kewenangan pemprov dan MTS yang menjadi kewenangan kementerian agama, maka instansi mana yang dapat mengeluarkan rekomendasi untuk beasiswa tersebut, dapat kami jelaskan bahwa bantuan sosial diberikan dalam rangka mengatasi resiko sosial yang terjadi di tengah masyarakat tidak dikaitkan dengan urusan pemerintah daerah sepanjang masyarakat tersebut mengalami resiko sosial, baik secara individu, keluarga maupun kelompok masyarakat pemerintah daerah dapat memberi bantuan sosial apabila sudah terpenuhi urusan wajib.

Keduapuluhdua, selanjutnya menanggapi saran saudara terkait dengan perhatian khusus pemerintah daerah terhadap guru honorer atau sukarela terutama di daerah terisolir, dapat kami tanggapi bahwa kedepan ini akan menjadi evaluasi dan mengikuti kebijakan pemerintah dalam pemberian kesejahteraan terhadap guru honorer tersebut.

Keduapuluhtiga, menanggapi pertanyaan dari Fraksi Gerindra terkait dengan perubahan APBD tahun 2018 pendapatan mengalami penurunan sebesar 0,47 % sudah kami jawab pada pertanyaan dari Fraksi Partai Hanura.

Keduapuluhempat, kami setuju dengan pernyataan saudara terkait dengan penetapan prakiraan pendapatan daerah khususnya pad agar dilakukan melalui kajian potensi yang realistis, sehingga target rencana capaian outcome adalah merupakan harapan yang dapat diwujudnyatakan untuk kesejahteraan masyarakat dengan prinsip transparansi dan angkuntabel.

Keduapuluhlima, seterusnya menjawab pertanyaan saudara tentang kegiatan-kegiatan yang menyangkut kepentingan masyarakat yang berdampak secara langsung kepada masyarakat dalam hal kegiatan baik berbentuk fisik maupun hibah dan bansos yang tidak terlaksana di APBD induk agar dilaksanakan kembali di perubahan 2018 dapat kami jelaskan bahwa akan tetap menjadi prioritas dalam pembahasan pada rapat-rapat selanjutnya.

keduapuluhenam, terima kasih atas saran saudara terkait dengan pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan dalam APBD tahun 2018 dan perubahan APBD tahun 2018 akan tetap menjadi komitmen kita bersama.

Keduapuluhtujuh, terima kasih atas saran, tanggapan dan masukan saudara dari Fraksi PAN bahwa OPD dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan akan lebih serius guna pencapaian output, sedangkan dalam pembahasan dan penetapan perubahan APBD tahun 2018 akan dilakukan sesuai dengan mekanisme yang ada.

Keduapuluhdelapan, selanjutnya menjawab pertanyan saudara terkait dengan persoalan pembangunan ruas jalan di Jorong Kubang Balambak Nagari Simpang Kapuak telah kami jawab pada pertanyaan dari Fraksi Partai PPP.

Keduapuluhsembilan, terimakasih atas dukungan saudara atas prestasi WTP yang telah diraih dan predikat WTP tahun 2018 dapat dipertahankan.

Ketigapuluh, harapan yang sama untuk terwujudnya pembahasan dan penetapan perubahan APBD tahun 2018 dapat memberikan solusi terhadap program atau kegiatan prioritas yang tertunda pelaksanaanya sehingga pembangunan berkeadilan di Lima Puluh Kota dapat terwujud.

Ketigapuluhsatu, seterusnya menanggapi harapan saudara Fraksi PKS PBB agar OPD untuk bisa mempercepat kinerja dengan segala kebijaksanaan untuk merampungkan segala bentuk kegiatan-kegiatan, baik fisik maupun non fisik yang masih tertinggal menjelang akhir desember 2018 ini supaya nanti tidak terburu-buru yang berefek kepada hasil pekerjaan yang tidak optimal sudah kami jelaskan pada pertanyaan dari Fraksi Demokrat.

Ketigapuluhdua, selanjutnya menjawab pertanyan saudara terkait tentang turunnya bunga deposito dan jasa giro turun telah kami jawab pada pertanyaan dari Fraksi Partai Demokrat.

ketigapuluhtiga, terkait dengan belanja tidak langsung yang turun sebesar 15,5 m lebih, yang didominasi dengan turunnya belanja tidak terduga yaitu sebesar 12,5 m lebih dari semula belanja tidak terduga 14,6 m lebih. Penurunan belanja tidak terduga sangat signifikan yaitu sebesar 85 %. Bahwa penurunan belanja tak terduga dilakukan mempertimbangkan beberapa penanganan belanja yang diperkirakan tidak signifikan kebutuhannya. Selain itu terjadinya penurunan belanja tidak langsung sudah memperhitungkan kewajiban-kewajiban belanja yang harus dipenuhi sampai akhir desember 2018.

Ketigapuluhempat, selanjutnya menanggapi tanggapan saudara terkait dengan tingginya silpa tahun 2017 dapat kami jelaskan bahwa sumber silpa berasal dari kelebihan dana-dana yang diarahkan seperti dak non fisik, blud serta kapitasi jkn termasuk juga berasal dari efisiensi belanja-belanja yang dilakukan.

Ketigapuluhlima, terkait dengan masukan saudara berkenaan dengan kegiatan-kegiatan yang tertunda pelaksanaannya pada tahun sebelumnya agar dianggarkan kembali dalam APBD perubahan ini akan menjadi pembahasan kita pada rapat selanjutnya.

ketigapuluhenam, selanjutnya menjawab pertanyan saudara agar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga untuk segera menindaklanjuti dana hibah yang sudah dianggarkan untuk pengembangan fasilitas umum objek wisata di Kabupaten Lima Puluh Kota dapat kami jelaskan bahwa pembangunan dan pengembangan fasilitas umum di Lembah Harau yang bersumber dari dana hibah akan disesuaikan dengan mekanisme yang ada.

ketigapuluhtujuh, selanjutnya menjawab pertanyan saudara dalam rangka peningkatan ketahan pangan dan manajemen program integritas irigasi pertanian yang didanai oleh asian development bank dan kabupaten lima puluh kota termasuk daerah yang mendapat program tersebut dari pemerintah pusat. Apakah pemerintah daerah sudah menampung anggaran untuk program kegiatan IPDMIP ( integrated participatory and management of irrigation program), supaya pemerintah daerah melalui institusi terkait sudah menganggarkan dana pendampingan kegiatan ipdmip tersebut dapat kami jelaskan bahwa kegiatan IPDMIP ini merupakan dana hibah dari pemerintah pusat dan tidak dipersyaratkan untuk adanya dana pendamping.

Ketigapuluhdelapan, menjawab pertanyaan saudara terkait dengan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat jorong kubang balambak perihal pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di jorong tersebut, telah kami jawab pada pertanyaan Fraksi PPP.

Ketigapuluhsembilan, menjawab pertanyaan saudara untuk menindaklanjuti perbaikan jalan dari batuhampa ke sariak laweh dikarenakan kondisinya yang memprihatikan dapat kami jelaskan bahwa terhadap ruas jalan batuhampa ke sariak laweh telah termasuk kedalam kegiatan rehab berkala sumber dana dau dan sudah termasuk kedalam 11 ruas jalan yang sedang dilaksanakan perbaikan. Kegiatan akan segera dilaksanakan.

Keempatpuluh, terima kasih atas saran saudara terkait dengan aspirasi masyarakat nagari gurun berkaitan seringnya tergenang air dan banjir di sd 01 gurun dikarenakan drainase sepanjang jalan tidak berfungsi serta mengatur pembangunan perumahan di nagari gurun , dapat kami jelaskan bahwa pemerintah daerah senantiasa berupaya menata bangunan khususnya terkait dengan pembangunan perumahan yang mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

keempatpuluhsatu, terima kasih atas saran saudara terkait dengan penertiban kenakalan remaja seperti di lokasi bukit gurun pada siang, sore bahkan malam hari dan hal ini menjadi perhatian kita bersama dan akan ditingkatkan pengawasan pada lokasi dimaksud.

Keempatpuluhdua, selanjutnya menanggapi permintaan saudara terkait tingginya angka kecelakaan di guguak untuk memasang lampu jalan didepan fasilitas umum, dapat kami tanggapi bahwa kedepannya akan kita siapkan rambu-rambu lalu lintas sesuai dengan kebutuhan.

Keempatpuluhtiga, menanggapi harapan saudara agar pemerintah daerah untuk membuat aturan yang tegas terkait dengan bisnis warnet dan hiburan orgen tunggal di pesta pernikahan dapat kami jelaskan bahwa terkait regulasi tentang hal tersebut telah kita lahirkan dan selanjutnya akan disosialisasikan dan diterapkan.

Keempatpuluhempat, menjawab pertanyaan saudara terkait dengan pengerjaan proyek jalan nagari galugua kapur ix berdasarkan pantauan masyarakat dilapangan, mengenai material yang digunakan tidak memakai pasir batu untuk lantai dasar jalan, hal ini tentu akan mengurangi kualitas jalan dan pemakaian jalan yang tidak tahan lama dapat kami jelaskan bahwa pelaksanaan pekerjaan jalan tersebut telah sesuai dengan teknis dan aturan yang ada.

Keempatpuluhlima, selanjutnya menjawab pertanyaan saudara terkait persoalan penanganan sampah rumah tangga di suliki, dimana warga terpaksa buang sampah ke saluran irigasi dan sungai dikarenakan belum adanya bak sampah, agar pemerintah daerah menyediakan bak sampah dan becak motor untuk mengangkut sampah tersebut dapat kami jelaskan bahwa terhadap pengadaan bak sampah di suliki akan menjadi perhatian kita.

Keempatpuluhenam, menanggapi permintaan saudara agar pemerintah daerah memperbaiki jalan di lareh nan panjang disebabkan truk pengangkut pasir yang lewat setiap hari, hal ini bisa mengakibatkan putusnya jalan antar jorong dapat kami jelaskan bahwa untuk perbaikan jalan lareh nan panjang yang ruasnya lebih kurang 5 km untuk tahun 2018 ini baru hanya diperbaiki 198 meter yaitu pada segmen yang belum pernah di aspal sama sekali, sedangkan untuk pengawasan selanjutnya terhadap truk yang lewat akan kita perketat.

Keempatpuluhtujuh, selanjutnya menanggapi permintaan saudara terkait dengan pembangunan MDA di Lareh Nan Panjang yang tidak difungsikan agar pemerintah daerah untuk segera difungsikan sehingga tidak hanya menjadi gedung kosong yang tidak terpakai dapat kami jelaskan bahwa hal ini akan kita koordinasikan dengan pihak terkait.

Keempatpuluhdelapan, menjawab pertanyaan saudara agar pemerintah daerah menindaklanjuti perbaikan jalan dan jembatan di Nagari Simpang Sugiran karena kondisinya yang memprihatikan dapat kami jelaskan bahwa ini akan menjadi bahan pembahasan kita.

Keempatpuluhsembilan, selanjutnya menjawab pertanyaan saudara agar pemerintah daerah memberikan perhatian penyediaan lapangan kerja bagi kaum muda, dikarenakan banyaknya para pemuda pergi keluar daerah untuk mencari pekerjaan dapat kami jelaskan bahwa sesuai dengan kemampuan dan kewenangan pemerintah daerah sudah melaksanakan berbagai pelatihan, kursus, dalam rangka membantu menyiapkan calon tenaga kerja yang siap pakai. Selain itu melalui pembinaan kelompok UMKM yang ada sudah dimotivasi akan muncul UMKM baru yang tentunya akan dapat menyerap tenaga kerja.

Kelimapuluh, terima kasih atas saran saudara untuk menyediakan anggaran yang memadai untuk pengembangan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS SBK) dan anggaran untuk memberantas maksiat serta penegakan dan mensosialisasikan perda anti maksiat tersebut. Hal ini akan menjadi perhatian kita bersama.

Kelimapuluhsatu, selanjutnya terima kasih atas saran saudara untuk mendirikan Masjid Agung dan Islamic Center sebagai lambang syiar islam di Kabupaten Lima Puluh Kota dan mengajak pemerintah daerah untuk memberikan perhatian dan memberdayakan lembaga /ormas islam yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kami menyadari bahwa tanggapan serta penjelasan kami belum sepenuhnya memenuhi harapan anggota dewan yang terhormat. Hal-hal yang masih perlu penjelasan lebih lanjut tentunya masih dapat kita bahas dalam agenda selanjutnya. Segala masukan dan saran sangat kami hargai dan akan menjadi perhatian.

Harapan kami, rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang selalu kita tumbuhkan melalui berbagai kesempatan akan dapat lebih memperlancar penetapan seluruh kebijakan pemerintahan daerah, termasuk rancangan peraturan daerah ini menjadi peraturan daerah, kiranya Allah swt berkenan memberikan bimbingan serta petunjuk kepada kita dalam mengemban tugas-tugas dan tanggungjawab yang cukup berat ini, sehingga kita mampu menyelesaikannya tepat waktu.

Kabag Humas DPRD Limapuluh Kota, H Saiful SP menginformasikan lengkap Paripurna ini.

“Akhir kata sekali lagi kami mengucapkan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya pada segenap anggota dewan yang terhormat beserta seluruh unsur terkait, atas usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka membahas rancangan peraturan daerah ini sampai penetapan nantinya menjadi peraturan daerah. Demikianlah nota jawaban dan pendapat kami, atas perhatian anggota dewan yang terhormat kami ucapkan terima kasih,” tutup Widya Putra.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas