Jawaban Walikota Atas Pandangan Umum Fraksi Partai Demokrat DPRD Payakumbuh

Sekdako Benni Warlis Menyampaikan Jawaban Atas Pandangan Umum Terhadap 9 Fraksi

Sekdako Benni Warlis Menyampaikan Jawaban Atas Pandangan Umum Terhadap 9 Fraksi

Advertisements
Juru bicara Partai Demokrat--- Adi Suryatama

Juru bicara Partai Demokrat— Adi Suryatama

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Penjelasan jawaban/tanggapan atas pemandangan umum Anggota DPRD atas nama Fraksi-fraksi terhadap 9 (Sembilan) buah Rancangan Peraturan Daerah Kota Payakumbuh. Jawaban Walikota yang dibacakan oleh Sekda Benni Warlis.

FRAKSI PARTAI DEMOKRAT

Pandangan umum Fraksi Partai Demokrat melalui juru bicaranya Saudara ADI SURYATAMA, ST kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, masukan berupa saran, kritikan akan tetap menjadi perhatian kami untuk pelaksanaan tugas-tugas dimasa mendatang.

Selanjutnya izinkanlah kami memberikan jawaban atas pertanyaan/tanggapan yang disampaikan oleh Fraksi Partai Demokrat menyangkut Rancangan Peraturan Daerah yang diajukan yaitu sebagai berikut :

  1. Tanggapan tentang Tarif retribusi pada Ranperda IMB dapat kami sampaikan bahwa retribusi pada Ranperda IMB mengacu Kepada Perda Nomor 21 Tahun 2011 tentang Retribusi Perizinan Tertentu mengingat Retribusi IMB bagian dari Retribusi Perizinan Tertentu. Tarif dasar IMB ditetapkan untuk bangunan baik Gedung maupun non Gedung yaitu sebesar Rp. 40.000,- jumlah retribusi dihitung dengan mengalikan tarif dasar Rp. 40.000,- tersebut dengan koefisien yang terdiri dari bangunan gedung dan bangunan bukan gedung. Dalam Ranperda ini kita tidak menentukan besaran tarif Retribusi hal ini dilakukan agar tidak terjadi dualisme tarif retribusi dengan 2 Perda yang berbeda
  2. Menyangkut tentang Pelimpahan Kewenangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kepada Camat untuk dituangkan dalam Ranperda tentang perubahan atas perda nomor 2 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan administrasi kependudukan perlu kita pertimbangkan kembali mengingat Undang – Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan Juncto Undang – Undang Nomor 24 tahun 2013 mengamanatkan bahwa Dokumen Kependudukan dibuat dan diselenggarakan oleh Instansi Pelaksana yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  3. Bangunan Ruko milik Pribadi yang berada di Area Pasar tetap dikenakan Retribusi namun tidak sama dengan Pertokoan milik Pemerintah Daerah mengingat retribusi berkaitan erat dengan pelayanan yang diberikan oleh Pemda.
  4. Naskah Akademis Ranperda BUMD saat ini sedang dikerjakan oleh Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas Padang, pada saat pembahasan dengan Pansus nantinya Naskah Akademis tersebut telah selesai dibuat dan dijadikan Referensi dalam Pembahasan Ranperda BUMD. Sedangkan Potensi yang akan digarap dengan tidak mengurangi rasa hormat sudah kami jawab pada pertanyaan Fraksi PAN.
  5. Berkurangnya PAD dari sektor iklan rokok memang terjadi sejak tahun 2009 dimana mulai saat itu kita melarang iklan rokok di Payakumbuh. Namun pendapatan daerah dari sektor ini tidaklah signifikan dibanding dengan resiko yang kita hadapi akibat meningkatnya jumlah perokok aktif di Kota Payakumbuh . Peningkatan ini berimplikasi terhadap peningkatan kasus- kasus   penyakit akibat rokok pada penduduk mulai dari usia bayi, remaja, dewasa sampai lansia. Terkait dengan hal tersebut tentu beban daerah jauh lebih besar yang harus dialokasikan kedepannya untuk pembiayaan kesehatan, ketersediaan sarana pengobatan penyakit lanjutan akibat rokok seperti kanker, hipertensi, stroke yang justru biayanya lebih besar dibandingkan pemasukan daerah dari iklan rokok tersebut. Perlu kami tambahkan iklan rokok hanya merupakan kegiatan pembohongan publik. Jika hal ini dibiarkan dampak negatif kedepan bagi generasi muda jauh lebih buruk.
  6. Saran dari Fraksi Partai Demokrat terhadap Ranperda perubahan Perda Nomor 7 tahun 2010 tentang Retribusi Pengujian kendaraan bermotor menjadi masukan dan pertimbangan bagi kami, sedangkan ketentuan tiap – tiap pengujian diatur Dalam Standar Operasional Prosedur Pengujian Kenderaan Bermotor Dishubkominfo Kota Payakumbuh.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*