Jawara Pelopor Ketahanan Pangan Tingkat Nasional, Joni Saputra: Ternyata, Jadi Petani Itu Enak dan Menyenangkan

Ketua DPRD Kota Payakumbuh H. YB. Dt. Parmato Alam mengundang Pahlawan Pertanian, Joni Saputra yang Juara I Tingkat Nasional Lomba Ketahanan Pangan di Ruang Kerjanya.

Ketua DPRD Kota Payakumbuh H. YB. Dt. Parmato Alam mengundang Pahlawan Pertanian, Joni Saputra yang Juara I Tingkat Nasional Lomba Ketahanan Pangan di Ruang Kerjanya.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Bangga atas keberhasilan yang diraihnya sebagai Juara Tingkat Nasional dalam Pemilihan Pelopor Ketahanan Pangan 2016, Ketua DPRD Kota Payakumbuh H. YB. Dt.Parmato Alam mengundang Joni Saputra ke ruang kerjanya, Senin (5/12/2016) untuk menyampaikan selamat atas prestasi yang diraihnya.

Kedatangan Joni Saputra didampingi Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh, Antoni Jaya dan Kabag Humas Sekretariat DPRD Isman Oyong.

Selain memperlihatkan tropi dari Presiden RI dan Piagam Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara dari Kementerian Pertanian, Ketua Kelompok Tani Tanjung Subur Nagari aur Kuning Kecamatan Payakumbuh Selatan menginformasikan kepada Ketua DPRD Yendri Bodra Dt. Parmato Alam tentang prestasi yang diukirnya.

“Saya ingin mengatakan bahwa tidak perlu minder menjadi seorang petani. Terbukti petani juga bisa berprestasi,” ungkap Joni Saputra.

Pada kesempatan itu, Joni Saputra kepada Ketua DPRD Yendri Bodra Dt. Parmato Alam sempat menceritakan tentang perjalanan hidupnya ketika menjatuhkan pilihan hidup sebagai petani.

“Saya tidak bosan-bosannya untuk terus berinovasi. meski awalnya saya sempat dicemooh, ternyata setelah menekuni hidup sebagai petani ternayata enak dan sangat saya nikmati,” beber Joni Saputra.

Menurutnya, sebagai petani yang tekun dan gigih mengolah pertanian kakao menjadi coklat, dia berhasil meraih prediket produk berdaya saing tingkat nasional dengan merk dagang Cocato Payakumbuh.

Di akhir penjelasannya, Joni Saputra berharap kepada DPRD untuk terus memberikan dorongan kepada petani dan pelaku usaha tani yang ada di Kota Payakumbuh untuk mendukung ketahanan pangan.

Menjawab tuntutan itu, Ketua DPRD Kota Payakumbuh, YB. Dt. Parmato Alam, berjanji akan terus memberikan dorongan dan dukungan kepada petani dan pelaku usaha tani, baik melaui regulasi dan peningkatan SDM.

“Komitmen DPRD memberikan dorongan untuk sektor pertanian cukup tinggi, tahun anggaran 2017 ini, DPRD Kota Payakumbuh telah menyetujui anggaran sebanyak 5 persen dari APBD untuk sektor pertanian,” pungkasnya.(rel/Dodisyahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas