Jelang Idul Adha, Persiapkan Ibadah Kurban

Padang, PADANGTODAY.com – Tak lama lagi, ibadah haji dan kurban menjelang. Sebagai lembaga yang sudah profesional dalam menyelenggarakan kurban, Dompet Dhuafa Singgalang terus memperbaiki layanan.

“Sejak tahun 1994 hingga 2013, secara nasional, Dompet Dhuafa sudah menghimpun 140.080 kambing dan 4.348 sapi dari 170.516 pekurban,” terang kepala Divisi Pemberdayaan, Riko Onki Putra, Rabu (13/8).

Sejak tahun 1998, namanya kemudian berubah menjadi Tebar Hewan kurban (THK) Dompet Dhuafa. Pada tahun pertama, program ini mampu mengumpulkan 644 ekor kambing dan domba, serta 8 ekor sapi. Tak terasa program pengelolaan ibadah kurban ini sudah berlangsung 19 tahun. Jumlah sebaran hewan kurban THK DD di Indonesia pada thn 2013 menyebar ke 33 provinsi, 214 kabupaten, 375 kecamatan, 4.155 desa.

Kurban dihimpun dari pekurban yang ingin berkurban di daerah marginal, daerah yang minim pekurban, dengan tujuan pemerataan penyebaran manfaat kurban terutama bagi masyarakat dhuafa. “Karena pada faktanya, banyak sekali daerah yang bahkan tidak ada pekurban sama sekali, hari raya Id Adha hanya dinikmati dengan shalat Id dan silaturahim saja, tak ada pemotongan hewan kurban, tak ada makan daging kurban, karena masyarakatnya yang dhuafa,” lanjutnya lagi.

Branch Manager Dompet Dhaufa Singgalang, Musfi Yendra, juga mengungkapkan bahwa Dompet Dhuafa tidak hanya menyalurkan kurban di Indonesia saja, tapi juga di negara lain seperti Filipina, Kamboja, Vietnam, Myanmar, Thailand, dan Timor Leste. “Kami terus memperluas jangkauan daerah kurban ke sasaran yang tepat, yakni daerah-daerah yang minim bahkan tidak ada pekurban sama sekali,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, jika kita tinggal di daerah perkotaan mungkin tidak akan terbayang bahwa ternyata banyak daerah yang tidak menikmati daging kurban saat Id Adha tiba. Berdasarkan survei yang selalu kami lakukan sebelum pelaksanaan kurban, daerah yang minim atau tidak ada pekurban terus bertambah. “Selalu ditemukan daerah baru, itu berarti jangkauan kita sangat terbatas sehingga masih banyak yang perlu disentuh,” katanya.

Bagi pekurban yang ingin kurbannya dinikmati pula oleh kaum dhuafa di daerah marginal, dapat menghubungi tim Dompet Dhuafa Singgalang untuk informasi penyaluran. “Mari persiapkan ibadah kurban kita dari jauh hari, dengan niat ikhlas ibadah, berkurban dan kepedulian terhadap sesama,” ujar Musfi. (winda/ari)

Lewat ke baris perkakas