Jelang Laga, Dua Punggawa Timnas Indonesia Alami Cidera

Manahati

Manahati Lestusen.

JAKARTA, PADANGTODAY.com-Selama mengikuti ajang Piala AFF, Indonesia belum pernah kalah di laga perdana. Tradisi ini pun diharapkan terulang saat Boaz Solossa dan kawan-kawan menghadapi tuan rumah Vietnam di laga perdana Piala AFF 2014 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Sabtu (22/11) malam.

Sayangnya, jelang laga ini, dua pemain andalan Tim Nasional (Timnas) Indonesia yaitu Boaz Solossa dan Manahati Lestussen mengalami cedera. Kehilangan Manahati untuk posisi gelandang bertahan mungkin bisa ditutupi, tapi absennya Boaz mungkin akan mempengaruhi sedikit daya dobrak Indonesia.

Meski demikian, Pelatih Timnas Alfred Riedl tak merasa pusing. Baginya, pemain pengganti keduanya tak kalah siap. Emanuel Wanggai siap diturunkan sejak menit awal, dan penyerang lainnya seperti Samsul Arif Munip atau Cristian Gonzales yang akan menjadi pendamping Sergio van Djik sedang bergairah.

“Kondisi tim baik-baik saja,” ujar Riedl. “Sebelumnya kami dihadapkan cedera dua sampai tiga pemain andalan. Saat ini hanya Boaz Solossa dan Manahati yang mengalami cedera ringan. Tapi, mereka siap untuk pertandingan besok (hari ini),” sambungnya.

Terlepas kedua kondisi pemain, Riedl mengakui sudah mengetahui peta kekuatan The Red Jersey, julukan Vietnam. Dalam analisis pelatih asal Austria itu, Vietnam memiliki permainan cepat lewat sisi sayap, hampir tak jauh berbeda dengan Indonesia. Hanya saja, lini tengah mereka juga eksplosif.

Sebab itu, Riedl meminta pada Raphael Maitimo dan kawan-kawan untuk menghadang pergerakan Vietnam sejak lini tengah. Pertarungan lini tengah inilah yang ingin dijadikan kunci Riedl untuk mencuri poin di laga perdana. Lini pertahanan Indonesia, diakui Riedl memang belum terlalu kokoh untuk menghadapi gempuran cepat.

“Saya meminta pemain untuk konsentrasi dan menguasai lapangan tengah. Kami tak ingin Vietnam bebas melakukan tekanan. Kami tak ingin bertahan, kami ingin menyerang. Kami menghormati Vietnam tapi juga ingin meraih poin,” jelas Riedl

Segenap pemain Indonesia pun bergairah jelang laga ini. Semua pemain berharap mendapatkan kepercayaan bertanding sebab Indonesia sangat membutuhkan kemenangan minimal poin imbang di laga ini. Kekalahan di laga perdana akan mempersulit sebab lawan berikutnya yaitu Filipina dan Laos bukan lawan mudah.

“Kami tak ingin memikirkan yang lain. Kami hanya ingin fokus menghadapi pertandingan besok (hari ini). Kami harus berjuang sepenuh hati untuk bisa memenangkan pertandingan. Kami yakin dan akan perjuangkan itu,” ungkap Zulham. (dil/abd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*