Jelang Lebaran Pasar Pusat Padangpanjang

Padangpanjang—Mendekati H-1 lebaran Idul Fitri 1440 H, Pasar Pusat Kota Padangpanjang sudah mulai dipadati pengunjung. Tidak hanya pengunjung dari masyarakat Padangpanjang, namun juga perantau yang pulang ke kekampung halaman serta warga dari luar Padangpanjang.

Kondisi keramaian Pasar Padangpanjang menyongsong lebaran Idul Fitri tersebut, disaksikan langsung Wakil Wali Kota Drs Asrul saat berkunjung memantau situasi lapangan. Dalam kunjungan tersebut, Wawako Asrul turut didampingi sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajaran UPTD Pengelolaan Pasar.

“Sebagai mana telah menjadi tradisi menjelang momentum lebaran, masyarakat akan berbondong-bondong ke pasar atau toko untuk membeli berbagai kebutuhan pangan dan sandang. Mulai dari bahan mentah, keperluan harian dan kue hingga baju lebaran,” ungkap Wawako Asrul, Senin (3/6) malam.

Melihat begitu berjubelnya kunjungan masyarakat ke pasar daerah berjuluk Serambi Mekkah itu, Wawako Asrul mengingatkan tentang potensi terjadinya tindak kejahatan. Di antara keramaian pasar jelang lebaran, masyarakat diimbau untuk senantiasa waspada dan berhati-hati terhadap peluang munculnya tindak kejahatan tersebut.

“Tetap waspada dengan barang berharga dan belanjaan, karena mereka mencari kesempatan disaat seperti ini. Kejahatan akan terjadi tidak hanya ada niat dari pelakunya, namun juga kesempatan yang timbul akibat kelalaian calon korbannya,” tegasnya.

Sementara terhadap pedagang dan pelaku jasa lainnya di bilangan pasar tradisional modern tersebut, Wawako Asrul juga menghimbau untuk sama-sama selalu menjaga ketertiban, keamanan dan ketentraman.  Hal ini disampaikannya, agar situasi yang kondusif dapat dinikmati secara baik dalam mendapatkan masing-masing hak dan kepentingan antara pedagang dan pembeli.

“Dengan terciptanya situasi yang aman, tertib serta tentram, tentunya akan mendatangkan kepuasan bagi pengunjung yang jelas berniat membelanjakan uang mereka di dareah yang kita cintai ini. Karena itu, kami yakini semua pihak dapat menjaga tiga hal tersebut,” pungkas Wawako Asrul ketika didampingi Kepala Dinas Perhubungan, Satpol PP dan UPTD Pasar. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas