Jelang Pelantikan DPRD Sumbar, Masyarakat Lebih Pilih Putra Daerah

gedung DPRD Sumbar.

gedung DPRD Sumbar.

Advertisements

Padang, PADANGTODAY.COM -Jelang pelantikan DPRD Sumbar 28 Agustus mendatang, banyak yang menarik disimak dari komposisi wakil rakyat Sumbar periode 2014-2019.

Pemilu Legislatif 2014 telah menggeser pradigma pemilih terhadap Caleg yang didroping.

“Ada kecendrungan pemilih memenangkan Caleg yang berasal dari daerah ketimbang Caleg droping dari provinsi,”ujar politisi Partai Golkar Sumbar Helmi M, Senin 18/8 di DPRD Padang.

Seperti terpilihnya Zigo Rolanda sebagai wakil rakyat dengan mengantongi suara terbesar dari 65 DPRD Sumbar periode lima tahun kedepan dan Iwan Afriadi (Iwan Sangir).

“Zigo dan Iwan Sangir terpilih bukti cerdasnya pemilih di Solok Selatan yang tidak percaya lagi suaranya diberikan kepada Caleg yang bukan asli dari daerah tersebut,”ujar Helmi.

Pasalnya sejak suara terbanyak diberlakukan dua Pemilu Solok Selatan nyaris tidak punya wakil rakyat tingkat provinsi yang punya kedekatan emosi dengan daerah tersebut.

“Akibatnya banyak kue pembangunan dibiayai APBD Provinsi Sumbar tidak sampai ke Solok Selatan, sadar dengan itu dan paham arti penting wakil rakyat yang punya kedekatan emosi pada Pileg 2014, tanpa dikondisikan rakyat Solok Selatan ramai-ramai mencoblos Caleg putra daerahnya,”ujar Helmi.

Tidak hanya Zigo yang saat ini politisi termuda DPRD mewakili Partai Golkar, Irwan Afriadi dari Partai Nasdem  juga ketiban lucky keberpihakan pemilih kepada Caleg putra daerah.
“Irwan meraih suara terbanyak dari Caleg lain sesama  Partai Nasdem. Dan dia pun ditetapkan sebagai wakil rakyat,”ujar Helmi.

Segaris dengan itu juga dialami Sudarmi Saogo yang menjadi putra Mentawai pertama berbrevet Anggota DPRD Sumbar.

“Sejak zaman Orde Baru sampai Pemilu 2009 lalu tidak satupun putera Mentawai terpilih jadi Anggota DPRD, baru Pemilu Legislatif 2014, Mentawai punya wakil di DPRD, yang berasal dari Partai Gerindra, atas nama Sudarmi Saogo,”ujar Wakil Ketua Gerindra Sumbar Hidayat. (can/aat)