Jelang Pilkades Serentak, Kualitas Kades Jadi Perhatian

Padang-today.com__Iklim politik di Kota Pariaman, Sumbar, mulai menghangat dengan bertahannya petahana untuk menjadi pemimpin di desa mereka masing-masing. Setelah usai perhelatan akbar pesta demokrasi, sejumlah agenda untuk melangsungkan Pemilihan Kepala Desa Serentak ‘Pilkades’ juga di gelar di daerah itu.

“Sebanyak 33 desa di empat kecamatan yang di Kota Pariaman, Sumbar akan menyelenggarakan Pilkades secara serentak setelah pemilu legislatif dan presiden yang akan diadakan pada bulan April 2019 mendatang ini, adanya Pilkades ini diharakan menjadi momentum meningkatnya kualitas dari kepala desa itu sendiri,” kata salah satu pemuka masyarakat Kota Pariaman, Zulmasri, Sabtu 23-02-2019 di Pariaman.

Untuk itu, kata dia, masyarakat didaerah itu meminta Dinas terkait untuk membuat aturan kualifikasi terkait tentang kelayakan seorang pemimpin yang ketat dari calon kepala desa yang akan bertarung dalam Pilkades nanti agar pemerintahan desa yang terpilih dari hasil Pilkades tersebut mampu melakukan pengelolaan pemerintahan yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kualitas dari kepala desa sangat penting, apalagi setelah terpilih mereka diwajibkan melakukan pengelolaan anggaran dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten yang terbilang sangat besar serta melakukan pembangunan yang bertujuan mensejahterakan masyarakat,” kata dia.

Sumber daya manusia dari aparatur pemerintahan di tingkat desa masih sangat rendah, untuk itu perlu ada terobosan yang dilakukan oleh pemerintah daerah agar kepala desa terpilih nantinya dapat dan mengerti apa itu artinya pemimpin didaerah itu. Sehingga kualitas pengelolaan pemerintahan di tingkat desa dapat berjalan dengan baik.

Nurhayati, (57) salah satu warga Naras, Paariaman Utara mengatakan, pemimpin yang tidak mempunyai kredibiltas dan kapablitas dan integritass tinggi seharusnya bersikap legowo hendaknya. Selain dituntut kualitas, seorang pemimpin harus mampu membawa daerah dan warganya ke arah yang lebih baik dan dewasa dipandang oleh dari daerah lain.

“Pemimpin itu harus mampu membawa dan mengarah kebaikan, juga memberdayakan masyarakatnya. Semuanya ini tak terlepas dari pendidikan seorang calon pemimpin itu sendiri dan kemampuan yang ia miliki,” tandasnya menghakiri.

Sementara itu, untuk memaksimalkan pelaksanaan Pilkades serentak 2019 pemerintah Kota Pariaman telah mengambil kebijakan dan aturan agar Pilkades Kota Pariaman berjalan dengan baik dan lancar.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan, jelang terpilihnya kepala desa yang baru maka Pemko Pariaman mengambil kebijakan melantik penanggung jawab (Pj) kepala desa dari kepala dinas dan sekretaris dinas di lingkungan Pemko Pariaman.

“Pelaksana tugas (Pj) kepala desa tidak bisa diserahkan kepada staff biasa, karena menjadi kepala desa bukanlah satu pekerjaan yang main-main dengan dana desa yang begitu besar untuk digunakan demi pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa”, ungkapnya.

Di tahun pertama masa kepemimpinannya ini, bagaimana caranya supaya program nasional dan program daerah ini bisa langsung masuk ke desa serta bisa terlaksana dengan baik oleh Pj Kepala Desa ini dalam masa jabatannya selama lebih kurang tiga bulan waktu yang diberikan.

“Disinilah dapat dilihat, apakah mereka bisa melaksanakan tugas itu sebaik-baiknya karena ini juga bagian dari kinerja mereka untuk mengembangkan jenjang karir mereka berikutnya. Jadi banyak cara yang bisa dilakukan untuk melihat kinerja dari Eselon II, Eselon III, dan Eselon IV ini”, kata dia..

Khususnya di pemerintahan desa juga membuat program penyuluh agama di setiap desa, satu desa di tempatkan satu penyuluh agama dan tugas penyuluh agama ini adalah memimpin kehidupan beragama di desa masing-masing semisal program maghrib mengaji, subuh mubarokah, kemudian remaja mesjid, itu adalah tugas penyuluh agama yang dibiayai sepenuhnya oleh dana desa.

Selain penyuluh agama beliau juga mengadakan Barakai yang bertugas sebagai tenaga kebersihan di desa serta untuk menjaga keamanan lingkungan desa atau biasa disebut dubalang. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas