Jelang Ramadhan  Puskesmas Kebun Sikolos Silaturahmi Dengan Prolanis

PadangpanjangPadang – Today.com – Menjelang Bulan Ramadhan 1438 H, Puskesmas Kebun Sikolos yang dikepalai oleh Epi Poli Yuneldi menyelenggarakan acara silaturahmi dengan Klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Serambi Sehat binaan puskesmas tersebut, rabu (25/5).Acara silaturahmi dengan suasana penuh keakraban dan keceriaan itu turut dihadiri oleh sejumlah pejabat serta anggota DPRD Kota Padang Panjang. Tampak Hadir Kepala Dinas Kesehatan Kota yang baru dilantik Nuryanuwar yang akrab disapa Pak Ujang, Anggota DPRD Kota Padang Panjang Mahdelmi Dt. Babanso serta pejabat lainnya.

Silaturahmi tersebut diisi dengan tausiah yang mengajak agar para lansia tetap bersyukur dan bersemangat dalam menjalani kehidupan serta mempersiapkan diri dalam menyambut bulan ramadhan. Dipenghujung acara juga diadakan undian berhadiah bagi para anggota club.

Pembinaan dan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh
Puskesmas Kebun Sikolos kepada para lansia yang tergabung dalam Prolanis saat ini semakin berkembang dengan jumlah anggota yang terus bertambah

Klub Prolanis Serambi Sehat yang digagas oleh Puskesmas Kebu Sikolos dulunya hanya berjumlah puluhan orang, namun sekarang beranggotakan kurang lebih dari 150 orang anggota.

Adapun kegiatan pokok prolanis di Puskesmas Kebun Sikolos yakni : konsultasi medis, edukasi kelompok,Reminder melalui SMS gateaway untuk memotivasi pesertamelakukan kegiatan rutin, home visit, aktivitas klub dan pemantauan status kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Yanuwar menyampaikan dukungan atas adanya kegiatan prolanis sebagai salah satu usaha mengendalikan penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes.

“Kegiatan ini hendaknya berkelanjutan serta dapat diikuti oleh puskesmas lainnya di Kota Padang Panjang,” sebutnya.
Yang menjadi suatu kebanggaan kita saat ini, disampaikan oleh Yanuwar adalah Club Prolanis Serambi Sehat sekarang menjadi percontohan bagi club prolanis lain Sumbar Utara.

Dukungan yang sama juga disampaikan oleh Anggota DPRD Kota Padang Panjang Mahdelmi Dt. Babanso yang mengatakan , kegiatan Prolanis sangat membantu para lansia dalam mengendalikan penyakit kronis. “ Kita harus dukung penuh kegiatan dari Puskesmas Kebun Sikolos ini,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas