Jelang Ramadhan, Stok Daging di Agam Cukup

Agam, PADANGTODAY.com – Jelang masuknya bulan suci Ramadhan 1435 Hijriah, persediaan daging sapi untuk 16 kecamatan di Kabupaten Agam dinilai mencukupi. Seperti diungkapkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Agam, Farid Muslim.

Dari data petugas penyuluh saat ini jumlah populasi sapi potong lokal saat ini di Kabupaten Agam, berjumlah sekitar 7.943 ekor, kambing 12.631 ekor, dan kerbau sebanyak 33.831 ekor. Ketersediaan daging tersebut, menurutnya juga mencukupi hingga Idul Adha. Pada tahun sebelumnya Agam membutuhkan sebanyak 7.943 ekor sapi, 7.488 ekor kerbau dan 248 ekor kambing hingga Idul Adha.

“Dengan banyaknya jumlah populasi tersebut, kita telah memaksimalkan jumlah petugas pengawasan ternak. untuk mengawasi kesehatan ternak, saat ini kita memiliki petugas sebanyak 23 orang. Jumlah tersebut tersebar di 8 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Peternakan dan satu unit di RPH,” ujarnya.

Terkait kesehatan ternak yang akan dipotong nantinya, Dispertahornak akan memberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). “Untuk hewan ternak yang sakit, kita tidak akan mengeluarkan surat keterangan, sehingga hewan tersebut tidak bisa dipotong,” ungkapnya.

Lebih jauh, Farid Muslim, menambahkan pihaknya akan menjaga ketat dalam pengawasan terhadap hewan yang bakal dipotong pada Rumah Potong Hewan (RPH). Hal ini bertujuan agar hewan yang dipotong benar-benar layak untuk dikomsumsi masyarakat. (martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas