Jenggot Tempat Yang Ideal Bagi Kuman dan Bakteri Untuk Bersembunyi

Ilustrasi Pria Berjengot

Ilustrasi Pria Berjenggot

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Pria sebenarnya sama saja seperti wanita. Mereka ingin terlihat stylish dan memiliki gaya yang keren. Jika wanita bermain-main dengan mode, make up, atau potongan rambut, maka pria juga memiliki cara lain agar mereka terlihat keren. Selain gonta-ganti potongan rambut, pria juga sering bermain-main dengan jenggot atau kumis mereka.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa pria berjenggot terlihat lebih macho dan keren. Atas dasar itulah maka banyak pria yang kemudian memilih untuk memanjangkan jenggot mereka. Namun siapa sangka bahwa jenggot pria itu jorok dan menyimpan banyak kuman?

Dilansir dari dailymail.co.uk, para ahli kesehatan rama-ramai mengatakan bahwa jenggot dan kumis yang dipelihara oleh pria bisa menjadi tempat yang ideal bagi kuman dan bakteri untuk bersembunyi.

“Rambut di sekitar lubang hidung dan mulut adalah tempat yang nyaman bagi kuman dan bakteri. Sehingga mereka yang memiliki jenggot wajib untuk menjaga kebersihannya. Bayangkan jika makanan atau sisa-sisa makanan yang Anda konsumsi menempel di jenggot dan tidak Anda bersihkan. Atau jika Anda terkena pilek dan kemudian ingus Anda menetes hingga masuk ke dalam jenggot. Tentu bakteri akan senang berkumpul di sana,” terang Carol Walker, seorang ahli kesehatan dari Birmingham Trichology Centre.

“Jenggot juga bisa menjadi sarana penyebaran kuman terutama jika Anda sering mencium mereka dan tidak sengaja mengenai jenggotnya,” Dr Ron Cutler dari Queen Mary, University of London menambahkan. “Itulah mengapa sangat penting bagi pria untuk menjaga kebersihan jenggotnya dan memastikan bahwa di area sekitar jenggotnya juga bersih. Sebab tindakan tersebut berfungsi untuk meminimalkan infeksi kulit atau penyebaran penyakit yang terjadi karena lebatnya jenggot.”

(feb/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*